Urutan Film Marvel Cinematic Universe (MCU), 2019 Update.

Ini Nih Guys Kalau Mau Tau Urutan Film Marvel Dari Awal Hingga Saat Ini, (2019) Update.

Buat para penggemar film super hero pasti kenal banget dengan FRANCHISE yang satu ini deh. MCU atau biasa disebut Marvel Cinematic Universe. MCU telah mengeluarkan berbagai super hero seperti Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Spiderman, dan Captain Marvel.

 

Daftar Lengkap Urutan Film Marvel Cinematic Universe

Sebelum kamu lihat semuanya, Aku mau kasih tau sedikit nih, Film super hero yang termasuk ke dalam MC dimulai dari Iron Man yang rilis tahun 2008 lalu.

Jadi film buatan Marvel sebelumnya tidak masuk ke dalam MCU guys. Ini buat kamu yang mau nonton dari awal, ikutin aja daftar dibawah.

Bagian Pertama : Terbentuknya Tim AVENGERS.

Pembukaan dari MCU ini menceritakan pembentukan tim Avengers pertama, dengan menceritakan Iron Man, Captain America, Thor dan Hulk sebagai tokoh utama, yang kemudian dimunculkan juga Black Widow dan Hawkeye yang menjadi pelengkap di film The Avengers.

 

1. Iron Man (2008).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Film pembukaan MCU adalah Iron Man yang berkisah tentang Tony Stark saat pertama kali menjadi pemimpin Stark Industries yang setelah itu diculik oleh sekelompok teroris. Selama dalam tahanan teroris, dia juga ikut dalam mengembangkan Arc Reactor agar bisa lolos dari penculikan tersebut. Arc Reactor itulah yang kemudian mengubahnya menjadi sosok Iron Man. Dan diakhir film tercetuslah ide Tony bersama Nick Fury untuk membuat proyek Avengers.

Iron Man.

Tanggal Rilis : 2 Mei 2008.

Sutradara      : Jon Favreau.

Pemain           : Robert Downey Jr., Gwyneth Paltrow.

 

2. The Incredible Hulk (2008).

 

 

 

 

 

Culver University yang mencoba menciptakan serum dengan menggunakan sinar gamma seperti dikisahkan dalam film The Incredible Hulk. Bruce Banner yang jadi bahan percobaan berubah menjadi monster hijau raksasa yang kemudian disebut Hulk. Pihak pemerintah yang mengetahui percobaan tersebut akhirnya ikut memburu Hulk.

The Incredible Hulk.

Tanggal Rilis : 13 Juni 2008.

Sutradara      : Louis Leterrier.

Pemain          : Edward Norton, Liv Tyler.

 

3. Iron Man 2 (2010).

 

 

 

 

Kisah Tony Stark dengan penemuan Ark Reactor miliknya berlanjut dalam Iron Man 2. Ivan Vanko yang merupakan anak dari rekan Howard Stark, mengklaim kalau Arc Reactor adalah kepunyaannya,Ia ingin membunuh Tony Stark sekaligus membuat kostum robotnya sendiri yang bernama Whiplash. Film ini juga memunculkan sosok Black Widow yang diperintahkan Nick Fury untuk memata-matai Tony. Nick sendiri tampak tak percaya orang seperti Stark cocok untuk proyek Avengers.

Iron Man 2.

Tanggal Rilis : 7 Mei 2010.

Sutradara      : Jon Favreau.

Pemain          : Robert Downey Jr., Gwyneth Paltrow.

 

4. Thor (2011).

 

 

 

Odin Sang Dewa Penjaga 9 Dunia mempunyai anak bernama Thor. Sayangnya ia memiliki dengan masalah emosinya. Odin menganggapnya belum pantas untuk duduk di tahta kerajaan. Ia diusir ke Bumi dan boleh kembali jika sudah layak menjadi Dewa dan Raja Asgard. Dengan bantuan Jane Foster dan Dr. Selvig, Thor berhasil menjadi seorang raja hingga ia kembali ke Asgard.

Thor.

Tanggal Rilis : 6 Mei 2011.

Sutradara      : Kenneth Branagh.

Pemain          : Chris Hemsworth, Natalie Portman.

 

5. Captain America : The First Avengers (2011).

 

 

 

Captain America: The First Avenger menjadi film pertama yang mengisahkan asal-usul Captain America. Ya, Steve Rogers yang awalnya hanyalah seorang tentara bertubuh kecil yang sering dihina. Percobaan rahasia yang kemudian berhasil menghasilkan sesosok super soldier yang kemudian menjadi super hero bernama Captain America. Misi pertamanya adalah membawa pasukan nasional mengalahkan sebuah kelompok kriminal Hydra yang berlatar belakang Perang Dunia II.

Captain America : The First Avenger.

Tanggal Rilis : 22 Juli 2011.

Sutradara      : Joe Johnston.

Pemain          : Chris Evans, Hayley Atwell.

 

6. Marvel’s The Avenger (2012).

 

 

 

Loki yang diutus Thanos untuk merebut Teserract dari tangan S.H.I.E.L.D diberikan tongkat berisi Mind Stone. Loki kemudian memecah-belah The Avengers dan sukses membuat kerusakan di New York. Puncaknya dengan membuat portal bagi Chitauri masuk ke Bumi. The Avengers yang beranggotakan Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Black Widow dan Hawkeye berhasil mengalahkan Loki dan pasukan Chitauri. Dan kemudian juga berhasil membawa pulang Tesseract kembali ke tempat aman.

Marvel’s The Avengers.

Tanggak Rilis : 4 Mei 2012.

Sutradara       : Joss Whendon.

Pemain           : Robert Downey Jr., Scarlett Johansson

 

Bagian Kedua : Avengers Melawan Ultron.

Ancaman yang semakin besar dan jahat kian datang mengancam semenjak terbentuknya Avengers. Dalam bagian ini pula diperkenalkan beberapa super hero baru, dalam Guardians of the Galaxy dan Ant-Man.

 

1. Iron Man 3 (2013).

 

 

 

Di seri Iron Man 3, Tony Stark dengan kostum Iron Man kedatangan musuh yang berasal dari masa lalunya. Seorang yang pernah Tony Stark tolak untuk bekerja sama. Ia juga menjadi musuh seorang teroris yang bernama Mandarin. Mandarin berhasil dikalahkan berkat bantuan Iron Patriot. Pada akhir film ini, Tony membuang Arc Reactor miliknya dan menciptakan Arc Reactor baru yang lebih canggih.

Iron Man 3.

Tanggal Rilis : 3 Mei 2013.

Sutradara     : Shane Black.

Pemain         :  Robert Downey Jr., Shane Black.

 

2. Thor : The Dark World (2013).

 

 

 

Pada Thor: The Dark World berkisah mengenai Jane Foster yang sedang dalam penelitian anomali portal yang malah masuk ke sebuah portal dan menemukan Aether (salah satu Infinity Gems). Ia pun kemudian dirasuki oleh Aether sehingga membuat Malekith mengincarnya. Malekith kemudian berhasil mengambil Aether dari Jane Foster dan menyerang Greenwich. Untungnya, upaya itu berhasil dihentikan oleh Thor berkat dibantu oleh Jane dan Dr. Selvig.

Thor : The Dark World.

Tanggal Rilis : 8 November 2013.

Sutradara     : Alan Taylor.

Pemain          : Chris Hemsworth, Tom Hiddlestone.

 

3. Captain America : The Winter Soldier (2014).

 

 

 

Salah satu penjahat Hydra menggunakan Winter Soldier untuk menjalankan misi nyaris mustahilnya. Seorang tentara yang diberi serum super soldier oleh Hydra. Captain America yang menghadapi Winter Soldier, dibantu Black Widow, sadar kalau sosok Winter Soldier adalah Bucky, temannya yang hilang saat misi mengalahkan Hydra di tahun 1942. Sambil bertarung, Steve Rogers mencoba menyadarkan Bucky dari manipulasi Hydra dalam film Captain America: The Winter Soldier.

Captain America : The Winter Soldier.

Tanggal Rilis : 4 April 2014.

Sutradara      : Joe Johnston.

Pemain          : Chris Evans, Hugo Weaving.

 

4. Guardians of the Galaxy (2014).

 

 

 

Petualangan luar angkasa yang sangat epik dapat kamu temukan dalan seri Guardians of the Galaxy. Seorang anak bernama Peter Quil yang berasal dari Bumi diculik oleh alien. Ia dibesarkan dan dilatih oleh alien menjadi pencuri luar angkasa yang dijuluki Star Lord. Saat ia mencuri Orb (salah satu Infinity Gems) dan akan menjualnya, ia mendapati masalah besar. Thanos pun kemudian mengincar Orb tersebut karena gagal mendapat Teserract.

Guardians of the Galaxy.

Tanggal Rilis : 1 Agustus 2014.

Sutradara      : James Gunn.

Pemain          : Chris Pratt, Vin Diesel.

 

5. Avengers : Age of Ultron (2015).

 

 

 

Strucker membuat sebuah Artificial Intelligence (AI) dari tongkat Loki yang juga berisikan Teserract dalam cerita awal Avengers: Age of Ultron. Tony Stark pun tertarik untuk mengembangkan Ultron layaknya Jarvis, namun lebih canggih. Eksperimen Tony ini berhasil berkat bantuan Scarlett Witch. Ultron yang mempunyai niat jahat untuk menghancurkan Bumi berhasil dikalahkan The Avengers. Dengan bantuan Vision dan Scarlet Witch yang kelak bergabung dengan para super hero.

Avengers : Age of Ultron.

Tanggal Rilis : 1 Mei 2015.

Sutradara      : Joss Whendon.

Pemain          :  Robert Downey Jr., Chris Evans.

 

6. Ant-Man (2015).

 

 

 

Dr. Hank Pym dan Agent Carter adalah pencipta teknologi yang bisa memperbesar dan memperkecil benda sekaligus tubuh manusia. Selain itu, teknologi ini bisa mengendalikan kawanan semut. Dalam pengembangannya, Hank membuat teknologi itu dalam bentuk kostum layaknya super hero. Karena berbahaya, semua itu disembunyikan. Sampai kemudian Hank bertemu dengan Scott Lang yang dia anggap pantas untuk menggunakan kostum tersebut. Scott akhirnya sukses menjadi sosok Ant-Man dan bergabung dengan para Avengers dalam kisah selanjutnya.

Ant-Man.

Tanggal Rilis : 17 Juli 2015.

Sutradara      : Peyton Reed.

Pemain          : Paul Ruud, Evangeline Lilly.

 

Bagian Ketiga : Kehadiran Dan Peperangan Thanos

Bagian ketiga dari MCU bisa dikatakan menjadi puncak dengan kehadiran Thanos yang mempunyai rencana untuk  memusnahkan setengah peradaban di dunia. Pada bagian ini muncul juga beberapa super hero baru seperti Doctor Strange, Spider-Man, Black Panther dan Captain Marvel.

1. Captain America : Civil War (2016).

 

 

 

Dalam Captain America: Civil War, para superhero terbagi dalam dua bagian yang masing-masing dipimpin Captain America dan Iron Man. Permasalahan antara berpihak pada pemerintah atau berseberangan dengan mereka membuat para super hero terpecah. Setelah melewati pertarungan cukup besar, kedua bagian kembali terpencar dan terungkap sebuah fakta yang membuat hubungan Steve Rogers dan Tony Stark merenggang.

Captain America : Civil War.

Tanggal Rilis : 6 May 2016.

Sutradara      : Anthony Russo dan Joe Russo.

 

2. Doctor Strange (2016).

 

 

 

Doctor Strange mengisahkan perjalanan hidup seorang dokter saraf yang berbakat namun juga arogan, bernama Stephen Strange. Tangannya lumpuh setelah mengalami kecelakaan mobil. Untuk menyembuhkannya, ia harus berkelana untuk menemukan Ancient One. Ia berhasil menyembuhkan tangannya dan masalah berlanjut saat salah satu pengkhianat Ancient One mencoba membangkitkan Dormamu, salah satu penjahat terkuat di Marvel Universe.

Doctor Strange.

Tangal Rilis : 4 November 2016.

Sutradara    : Scott Derrickson.

Pemain        :  Benedict Cumberbatch, Rachel McAdams..

 

3. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017).

 

 

 

Guardians of the Galaxy Vol. 2 mengisahkan Peter Quill dan rekan-rekannya yang mendapatkan misi menjaga Baterai Annulax dari tangan alien. Di sini diketahui kalau Star Lord adalah Half Alien, yakni setengah manusia dan setengah alien. Ia akhirnya bertemu dengan ayahnya, Ego. Ayahnya yang ingin menggunakan Quil sebagai alat untuk menguasai dunia berhasil dikalahkan oleh Guardian Galaxy.

Guardians of the Galaxy Vol. 2.

Tanggal Rilis : 5 Mei 2017.

Sutradara      : James Gunn.

Pemain          : Chris Pratt, Zoe Saldana.

 

4. Spider-Man : Homecoming (2017).

 

 

 

Film Spider-Man: Homecoming juga sekaligus menandai kembalinya super hero laba-laba ini ke Marvel Cinematic Universe (MCU). Setelah kejadian Civil War, Peter Parker kembali ke Queens dan berharap mendapat misi baru dari Tony Stark. Ternyata di Queens terdapat penjahat yang menggunakan teknologi alien yang di dapat dari rongsokan Chitauri saat Battle of New York. Mereka menjual senjata itu untuk para penjahat lainnya.

Spider-Man : Homecoming.

Tanggal Rilis : 7 Juli 2017.

Sutradara      : Jon Watts.

Pemain          : Tom Holland, Michael Keaton.

 

5. Thor: Ragnarok (2017).

 

 

 

Thor yang sering bermimpi tentang kehancuran Asgard, mencoba mencari tahu tentang arti mimpinya tersebut. Saat ia akan membawa kembali Odin dari Bumi ke Asgard, yang ditinggalkan di panti jompo oleh Loki, ayahnya bercerita tentang Hela, anak pertamanya yang ingin tahta di Asgard.

Thor Ragnarok.

Tanggal Rilis : 3 November 2017.

Sutradara      : Taika Waititi.

Pemain          : Chris Hemsworth, Tom Hiddleston.

 

6. Black Panther (2018).

 

 

 

Setelah ayahnya meninggal yang tewas saat serangan Winter Soldier yang dikisahkan dalam film Captain America: Civil War, T’challa kembali ke Wakanda. Setelah kembalinya Dia segera akan diangkat menjadi raja baru dan menjadi sosok Black Panther, sang super hero pelindung Wakanda. Dalam film Black Panther ini dikisahkan juga perseteruannya dengan Eric Killmonger, seorang pengkhianat yang ternyata juga merupakan rakyat Wakanda.

Black Panther.

Tanggal Rilis : 16 Februari 2018.

Sutradara      : Ryan Coogler.

Pemain          : Chadwick Boseman, Michael B. Jordan.

 

7. Avengers : Infinity War (2018).

 

 

 

Film Avengers: Infinity War menjadi puncak serangan Thanos dalam menyerang Bumi dan menghadapi para Avengers. Thanos yang sedang gencar menuntaskan misinya mengumpulkan Infinity Stones terus bertambah kuat bersama dengan para sekutunya. Berkumpulnya Avengers nyatanya belum mampu menandingi kekuatan Thanos apalagi saat ia telah mengoleksi semua Infinity Stones yang sudah didapatkan.

Avengers : Infinity War.

Tanggal Rilis : 27 April 2018.

Sutradara      : Anthony Russo dan Joe Russo.

Pemain          : Robert Downey Jr., Chris Hemsworth.

 

8. Ant-Man and the Wasp (2018).

 

 

 

Kisah dalam Ant-Man and the Wasp mengambil latar belakang tepat bersamaan dengan berlangsungnya momen di film Avengers: Infinity War. Ant-Man yang kali ini bekerja sama dengan The Wasp sedang dalam misi memulangkan kembali Janet van Dyne, istri Hank Pym dari Quantum Realm. Perjuangan mereka dalam menguak misteri Quantum Realm akhirnya membawa mereka ke misi baru harus terganjal efek dari serangan Thanos.

Ant-Man and The Wasp.

Tanggal Rilis : 6 Juli 2018.

Sutradara      : Peyton Reed.

Pemain          : Paul Ruud, Evangeline Lilly.

 

9. Captain Marvel (2019).

 

 

 

Kisah dalam film Captain Marvel kembali ke tahun 1995, di mana Carol Denvers mengalami sebuah kecelakaan hebat hingga dirinya tersadar dan mendapatkan kekuatan super. Carol yang juga kehilangan ingatan kembali ke Bumi dan bertemu dengan sosok Nick Fury muda untuk mengungkap identitasnya yang kini dikenal dengan Captain Marvel. Petualangan salah satu super hero Marvel terkuat ini juga akan semakin menguak kekuatannya bagi para super hero Marvel di masa depan.

Captain Marvel.

Tanggal Rilis : 8 Maret 2019.

Sutradara      : Anna Boden dan Ryan Fleck.

Pemain          : Brie Larson, Samuel L. Jackson.

 

10. Avengers : Endgame (2019).

 

 

 

Sesuai dengan namanya Avengers: Endgame bakal menjadi kisah para Avengers yang tersisa dalam menyelesaikan perseteruannya dengan Thanos.Film ini juga mengambil latar belakang beberapa saat setelah terjadi peristiwa pemusnahan massal yang dilakukan oleh Thanos. Para Avengers yang masih dalam suasana duka mengungkap bagaimana cara membatalkan tindakan Thanos dan menang melawannya.

Avengers : Endgame.

Tanggal Rilis : 26 April 2019.

Sutradara      : Anthony Russo dan Joe Russo.

Pemain          :  Chris Evans, Robert Downey Jr.

 

Bagian Keempat : Setelah Perang Melawan Thanos

Walau belum banyak yang terungkap, bagian keempat dari MCU ini kemungkinan berisi kisah setelah perang dengan Thanos. Kabarnya juga akan hadir beberapa film baru, seperti Black Widow, The Eternals, Sang Chi dan beberapa sekuel dari Doctor Strange, Black Panther dan Guardians of the Galaxy.

 

1. Spider-Man: Far From Home (2019).

 

 

 

Sepertinya Peter Parker telah berhasil kembali dari debu di film Spider-Man: Far From Home. Dalam film ini dikisahkan Peter dan teman-temannya dalam perjalanan liburan musim panas ke Eropa. Tetapi liburan Peter tampaknya nggak bisa tenang begitu saja. Tiba-tiba sosok Nick Fury datang meminta bantuan untuk mengungkap sejumlah misteri dari serangan penjahat. Peter mau nggak mau kembali sebagai Spiderman.

Spider-Man : Far From Home.

Tanggal Rilis : 5 Juli 2019.

Sutradara      : Jon Watts.

Pemain          : Tim Holland, Jake Gyllenhaal.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment