Teknologi Canggih yang Wajib Ada, Buat Ibu Kota Baru.

Akhir-akhir ini di dunia maya sedang terjadi perdebatan antar netizen, topik yang dibahas adalah wacana perpindahan oleh presiden, dari perdebatan antar netizen tentunya ada yang setuju dan juga ada yang tidak. Yang pro mengatakan Jakarta sudah terlalu berat bebannya, yang kontra mengatakan bahwa ide tersebut tidak sesuai dengan kondisi ekonomi kita sekarang. Kalau seandainya pindah, setidaknya Ibu Kota yang baru setidaknya harus memiliki 3 teknologi canggih yang ada di bawah ini.

Inilah 3 Teknologi Canggih untuk Ibu Kota Baru

  1. Smart City.Gambar terkait

Secara umum untuk sebuah ibu kota sendiri harus menjadi Smart City, dan beberapa kota di Indonesia sudah mulai menerapkannya, seperti Jakarta dan Bandung. Dengan keberadaan yang ada di berbagai perangkat akan membuat penerapan Smart City semakin mudah. Tapi kalau pada praktiknya tidak semudah itu untuk membuat Smart City. Dibutuhkan infrasturktur penunjang yang memadai dan biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, masyarakatnya juga harus sangat memahami teknologi Smart City agar bisa memberikan manfaat yang maksimal.

  1. Jaringan Internet.Gambar terkait

Salah satu penopang Smart City yang paling penting ialah jaringan internet yang cepat dan juga stabil. Tanpa ada internet yang cepat dan stabil, mustahil ada Smart City. Pemerintah tentunya harus menyediakan pemancar Wi-Fi di berbagai area publik seperti stasiun untuk memudahkan warganya tersambung dengan internet. Dengan begitu, masyarakat juga bisa mengirimkan aduan ke pemerintah lebih cepat, baik menggunakan aplikasi maupun media sosial.

  1. Pengolahan Sampah.Hasil gambar untuk pengolahan sampah

Salah satu permasalahan terbesar dari Jakarta adalah menumpuknya sampah. Bahkan, sampah-sampah ini juga mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Di ibu kota yang baru nanti, harus ada teknologi yang bisa digunakan untuk memanfaatkan tingginya volume sampah. Contohnya negara asal IKEA yaitu SWEDIA, sampah digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit tenaga listrik. Mungkin teknologi ini bisa diterapkan di ibu kota baru nanti. Dari itu tentu saja yang lebih penting adalah kesadaran warganya, percuma jika diberikan fasilitas canggih jika budaya membuang sampah sembarangan masih meraja lela disekitar kita.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment