Siapa Bilang Generasi Millenial Boros? Ini Cara Agar Kalian Bisa Mengatur Uang Sendiri…

“Duh, anak jaman sekarang ini boros semua ya”, “Jamanku gak suka buang-buang uang, lah anak-anak ini malah aneh-aneh kalau beli”, “Uangnya disimpan, dek, jangan buat beli sepatu terus,” dan masih banyak lagi kata-kata orang tua yang sering kita dengar terkait masalah keuangan.

Jaman sekarang ini tidak bisa disamakan dengan jaman dulu, harga produk di pasaran saja sudah beda antara jaman orang tua kita dengan jaman anak-anaknya. Semakin besar suatu negara, maka semakin tinggi pula barang yang diperlukan termasuk meningkatnya harga kebutuhan kita.

Nah, dari sini coba deh kita berpikir dewasa, terlebih lagi untuk kalian generasi millenial. Jangan semata-mata kebutuhan hidup masih ditanggung orang tua, lalu kalian tidak peduli dengan pengeluaran yang ada. Kalian harus bisa mengatur uang kalian sendiri, membedakan mana yang dibutuhkan dengan mana yang hanya sekedar keinginan belaka.

Di bawah ini ada tips sederhana untuk para millenial agar tidak boros dalam menghabiskan uang jajan….

3 Cara Sederhana Agar Generasi Millenial Tidak Boros

1. Tinggalkan Kebiasaan Buruk Yang Cenderung Menghamburkan Uang

Kalau biasanya kalian hangout sama teman di cafe, makan malam di restoran ternama, beli kopi saja harus di cafe, maka tinggalkan semua itu. Mungkin berat ya melepas kebiasaan yang sudah melekat dalam diri kalian, tapi coba deh pikirkan uang yang kamu gunakan untuk ‘main-main’ itu bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

Kalian bisa mengubah gaya hangout kalian dengan cara yang sederhana. Misalnya, undang teman ke rumah untuk makan bersama, bermain game di rumah dengan teman, atau makan malam dengan keluarga di rumah. Hal seperti itu nyatanya mampu mempererat rasa persaudaraan loh…

2. Bijaklah Dalam Menggunakan Uang

Saat ingin membeli sesuatu, jangan tergesa-gesa untuk mengambil keputusan dengan membelinya… Cobalah memikirkan apakah nantinya barang tersebut akan berguna sepenuhnya untuk hidupmu? Atau sekedar untuk menuntaskan hasrat keinginan belaka? Jika memang itu berguna untukmu maka belilah, tapi jika hanya untuk bersenang-senang apa gunanya?

Contohnya, kamu ingin membeli sepatu, tapi kamu sudah punya sepatu sebanyak 6 pasang, jadi berguna kah sepatu barumu itu nantinya? Lebih baik gunakan untuk hal lain yang berguna, seperti membeli buku atau alat tulis, dan hal penting lainnya.

3. Sabar Dalam Mencapai Goals

Dalam hidup kita semua pasti punya tujuan kan, ada banyak keinginan yang ingin dicapai. Kaum millenial biasanya memiliki banyak sekali cita-cita yang ingin diwujudkan. Misalnya, dari hal sederhana saja, membeli HP baru atau motor dengan uang hasil kerja sendiri, membelikan orang tua baju baru, atau bahkan menikah dengan pasangan yang pas dan setia.

Diatas tadi adalah sebagian contoh goals yang ingin dicapai, tak perlu bekerja banting tulang agar semuanya terwujud dalam waktu yang singkat, melainkan persiapkan semuanya secara perlahan namun pasti. Sebagai contoh, kamu punya tabungan sendiri untuk mewujudkan mimpimu itu selangkah demi selangkah.

Selain itu, perhatikan juga kondisi tubuhmu, jangan sampai ketika ingin mewujudkan satu mimpi itu malahan kamu yang jatuh sakit karena terlalu lelah.

Yuppppps, begitulah tips sederhana untuk kalian, para millenial Indonesai, kiat-kiatlah dalam mengatur pengeluaranmu ya… Persiapkan untuk hal yang penting bagi masa depanmu!

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment