Perbedaan Media Penyimpanan HDD vs SSD, Mana yang Lebih Baik ?

Media penyimpanan sendiri telah berkembang dalam beberapa tahun ini. Komputer ataupun laptop adalah contoh gadget yang menggunakan media penyimpanan yang berkapasitas besar, tidak hanya itu saja tetapi juga memliliki kecepatan tinggi juga dalam mengirim data.

Untuk saat ini sudah ada 2 jenis media penyimpanan yang bisa kamu gunakan di laptop maupun PC, yaitu HDD dan SSD

Perbedaan Penyimpanan HDD vs SSD.

Thela akan menjelaskan sedikit  apa itu HDD dan SSD.                                                                                                        HDD yaitu singkatan dari Hard Disk Drive merupakan jenis media penyimpanan yang paling banyak digunakan oleh PC maupun laptop, Hard Disk memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan harganya yang lebih murah dari pada SSD. Hal ini dikarenakan HDD masih menggunakan piringan metal dengan lapisan magnet sebagai tempat untuk menyimpan data.

SSD yaitu singkatan dari Solid State Drive yang merupakan media penyimpanan data dengan teknologi yang lebih modern dibandingkan HDD, karena SSD sudah menggunakan chip flash yang lebih aman dari getaran dan tidak mudah rusak, karena SSD sudah tidak lagi menggunakan piringan metal yang bergerak seperti HDD, ukuran SSD juga tentunya lebih kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HDD.

Meski HDD merupakan teknologi lama, tetapi banyak sekali kelebihan yang masih bisa dirasakan oleh penggunanya. HDD memiliki ukuran kapasitas pesnyimpanan yang jauh lebih besar. Dengan menggunakan HHD kamu bisa menyimpan banyak data, HDD sendiri sekarang mencapai 14 TB. Untuk kekurangannya HDD bekerja jauh lebih lambat dibandingkan, HDD akan terasa lemot banget ketika kamu booting laptop kamu, dan juga HDD rentan sekali rusak, karena masih menggunakan piringan metal, HDD tidak boleh banyak bergetar karena piringan tersebut bisa bergeser dan rusak.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD.

SSD merupakan teknologi yang baru, dan tentunya punya kelebihan yang cukup banyak seperti booting laptop yang cukup cepat, kamu juga bisa merasakan program yang diinstall di SSD akan bekerja dengan cepat. Soal ketahanan, SSD tidak mudah rusak dan aman ketika terjatuh, dengan ukuran yang lebih kecil jadi tidak memerlukan banyak ruang  dan tentunya lebih  irit daya. Untuk kekurangannya hanya pada harga yang cukup mahal.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment