Penyebab Laptop Mati Total Secara Mendadak dan Cara untuk Mengatasinya.

Buat kamu  yang mempunyai aktivitas sehari-hari pastinya memerlukan bantuan benda yaitu laptop, laptop menjadi benda wajib yang harus kamu jaga agar tidak cepat rusak. Tapi terkadang meskipun kita sudah merawatnya dengan baik tetap saja barang elektronik mengalami masalah ringan maupun serius. Terkadang ada satu masalah yang paling sering dikeluhkan yaitu ketika laptop yang tiba-tiba mati total.

Penyebab Laptop Mati Total.

  1. Baterai yang Bermasalah.Hasil gambar untuk baterai laptop

Baterai yang bermasalah bisa menjadi penyebab yang paling sering ditemukan ketika laptop mati total. Baterai juga memiliki umur terbatas yang lama kelamaan akan mengalami penurunan kapasitas dan kinerjanya. Jika laptop kamu mati total meskipun baterainya diisi penuh, maka penyebab utamanya yaitu pada baterainya.

Solusinya yaitu dengan kamu beli baterai baru agar laptop kamu bisa nyala tanpa harus mecolokkan ke adaptor listrik setiap kali mau pakai.

 

  1. RAM yang Bermasalah.Gambar terkait

Ada juga yang ditemukan lampu indikator, kipas, dan mesin laptop dalam kondisi baik, tetapi layar tidak menampilkan apapun. Meskipun tidak mati secara total, tetap saja kamu tidak akan bisa menggunakan laptop seperti biasanya. Jika permasalahan ini terjadi pada laptop kamu, ini disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada RAM laptop kamu.

 

  1. Prosesor yang Bermasalah.Hasil gambar untuk prosesor laptop

Prosesor itu ibaratnya seperti jantung manusia, prosesor juga menjadi komponen inti atau otak dari sebuah laptop. Jika prosesor laptop kamu mengalami kerusakan, maka hal ini juga memengaruhi keseluruhan sistem pada laptop, biasanya laptop yang kamu gunakan tidak akan berjalan dengan baik atau bisa saja mati total.

 

  1. Motherboard yang Bermasalah.Hasil gambar untuk motherboard laptop

Thela jelasin sedikit ya, Motherboard atau Mainboard adalah papan sirkuit utama yang dimana didalamnya ada berbagai komponen elektronik saling terhubung, fungsinya yaitu menghubungkan semua komponen laptop dan membuatnya bekerja secara bersamaan sehingga laptop berjalan dengan lancar. Salah satu yang menjadi ciri ketika motherboard bermasalah yaitu adanya bunyi “bip” berkali-kali pada laptop.

 

Cara Mengatasi Laptop Mati Total.

  1. Nyalakan Laptop Tanpa Menggunakan Baterai.

Jika penyebab kamu mati total adalah kerusakan pada baterainya, maka cara yang paling tepat yaitu dengan melepaskan baterai kemudian colokkan laptop kamu ke adaptor listrik.

 

  1. Membersihkan Debu.

Debu juga seringkali menempel dan menumpuk di sela-sela komponen laptop yang bisa membuat kinerja laptop semakin melambat bahkan sampai mati total. Dengan kamu membongkar laptop kamu dan membersihkannya, bisa menjadi salah satu cara yang kamu perlu lakukan. Jika perlu kamu bisa melepas terlebih dahulu setiap komponen seperti hard disk, RAM, dan juga prosesor agar mesin laptop benar-benar bersih dan laptop bisa berjalan dengan normal.

 

  1. Melepas Beberapa Kompponen Laptop.

Melepas beberapa komponen laptop seperti harddisk dan wifi card bisa menjadi solusi untuk mengatasi laptop kamu. Dengan cara biarkan laptop kamu menayala dengan komponen memori atau prosesor, karena ada beberapa kasus komponen tersebut mengalami korsleting hingga menyebabkan laptop mati dan tidak bisa nyala.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment