Penjelasan Tentang Time Travel Buatan Avengers EndGame.

Menurut kamu yah guys, apa mungkin sih Time Travel itu ? Avengers EndGame adalah salah satu film tersukses tahun ini, film ini meninggalkan banyak kesan bagi para penggemar yang sudah menonton film tersebut. Dari film itu sendiri banyak sekali istilah-istilah sains yang banyak bermunculan, termasuk bagaimana para Avengers melakukan perjalanan ke masa lalu. Di acara ALMI atau kepanjangan dari Akademi Ilmuwan Muda Indonesia yang bertema The Science Behind Avengers dan di adakan di Perpustakaan nasional, Jakarta pada tanggal 14 Mei 2019, di acara tersebut juga terdapat dua panelis dari ALMI yaitu Prof. Husin Alatas dan Dr. Yudi Darma.  Diacara tersebut kedua panelis mendiskusikan tentang, apakah mungkin teknologi yang ada di film Avengers EndGame bisa terwujud di dunia nyata terutama mesin waktu.

  • Mesin Waktu.Gambar terkait

Yang paling terlihat jelas dan sering dibicarakan dari film Avengers EndGame adalah perjalanan mesin waktunya untuk mengembalikan manusia yang telah dilenyapkan oleh Thanos. Menurut Prof. Husin Alatas, setidaknya ada tiga hal yang menentang adanya mesin waktu. Ketiga hal tersebut adalah Kompleksitas, Relativitas Umum, dan Teori Kuantum.

  • Kompleksitas dan Hukum Termodinamika 2.

Yang pertama ada Kompleksitas, untuk pemikiran mudahnya, alam semesta, termasuk diri kita, tersusun dari banyak komponen kompleks yang simultan. Kompleksitas dipengaruhi oleh teori Termodinamika 2 yang telah membuktikan bahwa waktu hanya bisa maju ke depan, dan tidak bisa belakang.

Analoginya, ketika kita melihat cangkir pecah, kita bisa membayangkan kondisi cangkir ketika masih belum pecah. Hal sebaliknya tidak bisa kita lakukan karena waktu berjalan ke depan. Dari hal ini dapat membuktikan bahwa perjalanan ke masa lalu tidak mungkin dilakukan.

  • Relativitas Umum.Hasil gambar untuk Relativitas Umum.

Yang kedua adalah mengenai Relativitas Umum yang dicetus oleh Einstein. Teori Gravitasi yang ditemukan oleh Isaac Newton dipatahkan Einstein melalui hukum ini. Gravitasi bukan merupakan gaya, tetapi gravitasi merupakan efek ruang waktu yang dipengaruhi oleh benda bermassa dan dibuktikan dengan adanya pembelokan cahaya. Ada Fakta menarik juga yaitu, semakin kita jauh dari Bumi, waktu yang berjalan akan melambat. Kita bisa pergi ke masa depan dengan memanfaatkan hal ini. Sebagai contoh, kita dari Bumi mau pergi ke wilayah yang gravitasinya sangat tinggi seperti Black Hole. Jadi ketika kita kembali ke Bumi, kita akan berada di masa depan karena waktu berjalan lebih lambat di Black Hole, hal ini disebabkan oleh gravitasi kuat yang dimilikinya.

Meskipun jika memungkinkan kita untuk ke masa depan, tetapi apakah mungkin kita bisa pergi ke masa lalu? Ada juga beberapa teori yang mendukung hal tersebut, meskipun susah untuk dibuktikan. Sebagai contohnya ada teori dari Closed Timeline Curves, di mana terdapat sebuah loop yang memungkinkan kita pergi ke masa lalu. Tetapi sangat disayangkan karena syaratnya sangat berat, karena alam semesta kita harus berotasi agar teori tersebut bisa terwujud. Masalahnya, alam semesta kita hanya mengembang tanpa berotasi.

  • Teori Kuantum.Hasil gambar untuk Teori Kuantum.

Kamu pasti sering mendengar kata Quantum Realm, teori Kuantum di sini didasarkan pada sebuah gagasan yang percaya bahwa semua peristiwa memiliki peluang untuk terjadi, atau bisa disebut dengan paralel universe. Pemahaman secara mudahnya yaitu, ada diri kita di dunia lain selain yang kita tinggali sekarang, tetapi menjalani pilihan probabilitas yang berbeda dengan yang kita alami saat ini. Akan tetapi, belum ada bukti yang kuat untuk mendukung teori ini, tetapi yang jelas waktu tidak akan berarti di dalam dunia Kuantum seperti di film Ant-Man karena telah merusak hukum kasualitas.

  • Grandfather Paradox.Hasil gambar untuk Grandfather Paradox.

Ada sebuah teori yang disebut sebagai Grandfather Paradox, teori ini digunakan untuk memahami risiko melakukan perjalanan waktu. Pada film Avengers Endgame, teori perjalanan waktu yang digunakan adalah teori yang terdapat pada teori Kuantum, seperti yang dijelaskan Bruce Banner pada film. Ketika kita mengubah sebuah kejadian di masa lalu, kita akan membuat alternative universe yang tidak berdampak apa-apa pada dunia kita tinggal sekarang.

Masih banyak lagi bagian dari film ini yang sebenarnya tidak sesuai dengan sains. Akan tetapi, karena tujuan dari film adalah untuk memberikan hiburan, hal ini sama sekali tidak masalah.

 

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment