Menyiapkan iPhone 5G, Apple Sampai Pusing.

Berlomba memamerkan ponsel 5G.

 

Beberapa merek ponsel Android mulai berlomba memamerkan ponsel 5G-nya. Sementara Apple masih pusing menyiapkan iPhone yang bisa mendukung jaringan seluler generasi kelima itu.

Raksasa teknologi asal Cupertino itu masih dihadapkan dilema besar. Akibat perseteruannya, Apple memutuskan tidak menggunakan modem 5G yang dibuat Qualcomm.
Alasan utamanya adalah harga yang ditawarkan Qualcomm lima kali lebih tinggi dari yang diinginkan Apple. Akibat keputusan tersebut, Apple urung menghadirkan iPhone atau iPad 5G hingga setidaknya tahun 2020.
Tapi masalah tidak sampai di situ. Apple dikabarkan harus menghadapi situasi sulit dalam memperoleh komponen 5G yang digunakan untuk perangkatnya.

Menurut lembaga riset Cowen, Apple punya empat opsi. Tapi kesemuanya tidak ada yang ideal.
Pertama menggandeng Intel. Jika memilih opsi ini Apple terpaksa merilis 18 bulan setelah 5G dimulai. Selain itu modem yang digunakan tanpa kemampuan mmWave. Padahal jaringan komunikasi 5G memanfaatkan gelombang pendek mmWave.
Kedua memesan suku cadang dari pesaing beratnya, Samsung. Tapi bilang manggandeng raksasa teknologi asal Korea Selatan itu akan dihadapkan persyaratan komersial yang harus dipenuhi. Kembali bekerja sama dengan Qualcomm menjadi pilihan ketiga. Tapi opsi ini sudah telah kalaupun mau diambil, karena keduanya tengah berseteru di meja hukum.
Pilihan terakhir Apple melakukan penelitian dan mengembangkan modem 5G sendiri.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment