Luar Biasa!! Gambar Lubang Hitam Pertama Yang Terpotret Dalam Sejarah!!

Sebuah tim peneliti telah mengumumkan gambar nyata pertama dari lubang hitam. Gambarnya ditangkap oleh Event Horizon Telescope (EHT) menunjukkan cakram akresi berpendar di sekitar lubang hitam di pusat galaksi Messier 87.

Sampai sekarang, pemahaman kita tentang apa yang tampak seperti lubang hitam didasarkan pada kesimpulan daripada pengamatan langsung, tetapi kenyataannya sesuai dengan apa yang diharapkan para astronom berdasarkan teori relativitas umum Einstein. Material pada event horizon bergerak dengan kecepatan cahaya, bertabrakan dengan energi sedemikian rupa sehingga menghasilkan banyak panas dan cahaya.

Cahaya ini ditarik oleh tarikan gravitasi lubang hitam yang luar biasa, menciptakan ‘bayangan’ gelap di tengahnya. Lubang hitam diamati selama dua minggu – satu pada 2017 dan satu pada 2018. Gambar dari M87 berasal dari minggu pertama. “Saya harus mengakui, saya sedikit terkejut bahwa itu sangat cocok dengan prediksi yang kami buat,” kata anggota tim EHT, Avery Broderick, dari University of Waterloo dan Institut Perimeter untuk Fisika Teoritis di Kanada, dalam konferensi pers hari ini.

Apakah Event Horizon Telescope itu?


Terlepas dari namanya, Event Horizon Telescope sebenarnya adalah jaringan global delapan teleskop radio, terkoordinasi dengan menggunakan jam atom yang tepat. Teleskop itu juga memantau Sagitarius A, lubang hitam di tengah galaksi  Bimasakti, tetapi tim melaporkan bahwa M87 lebih mudah ditangkap.

“Kami telah mengambil gambar pertama dari lubang hitam,” kata direktur proyek EHT, Sheperd S Doeleman dari Center for Astrophysics, Harvard dan Smithsonian. “Ini adalah prestasi ilmiah luar biasa yang dicapai oleh tim yang terdiri dari lebih dari 200 peneliti.”

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment