Lemas Saat Menjalankan Puasa? Ini Tips Agar Kamu Tetap Fit:)

Di bulan yang penuh dengan berkah ini, sejumlah umat Muslim sedang menjalankan ibadah puasanya. Di hari pertama telah ditentukan jadwal puasanya dimulai pada hari Senin (06/05). Bagi kalian yang sudah menjalankannya itu artinya telah melaksanakan kewajiban ini selama 4 hari…. Yeayy, you did it! keep strong, guys.

Tapi, ada sejumlah orang yang mulai merasa tubuhnya tidak fit selama menjalankan ibadah puasa ini. Baru 4 hari tapi rasanya sudah lama sekali… Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan mengenai kondisi tubuh dan pahami apa saja kekurangan yang ada pada tubuh kalian. Di samping itu, kita punya solusi sederhana untuk kalian agar tetap fit selama puasa, let’s check it out!

Tips Agar Tetap Fit Selama Puasa…

1. Sahur Yang Utama

Anggap saja sahur itu sebagai sarapan pagi. Kalian tahu kan kalau sarapan pagi itu penting? Menu sahur yang masuk ke dalam tubuh kita berperan penting sebagai energi yang menunjang aktifitas fisik sehari-hari.

Tapi ingat, menu sahur juga harus diperhatikan loh, jangan asal comot makanan yang ada di meja. Perhatikanlah keseimbangan nutrisi yang ada di meja makanmu. Yang kita perlukan adalah karbohidrat kompleks, serat dan protein yang pas.

Semuanya itu bisa kalian dapatkan kok, misalnya karbohidrat ada di beras merah, gandum, dan oat, makanan itu bisa membuat kalian kenyang lebih lama. Serat terdapat di kurma, biji-bijian, kentang, dan sayuran. Ada baiknya mengonsumsi buah pisang, karena pisang menjadi sumber energi yang baik. Untuk protein ada di telur, yoghurt, keju, dan daging rendah lemak.

2. Cairan Tubuh Harus Tetap Terpenuhi

Ada beberapa kasus yang terjadi saat puasa, salah satunya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Tubuh kita ini 80% terdiri dari air. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. Kalian bisa memenuhinya saat sahur dan berbuka puasa, bisa juga dengan meminum minuman penambah cairan tubuh.

Hindari minuman yang mengandung kafein, karena kafein bersifat diuretik yang membuat kalian lebih sering buang air kecil, sehingga cairan tubuh cepat hilang.

3. Makan Secukupnya

Saat puasa yang paling ditunggu adalah saat berbuka. Sayangnya, ada beberapa orang yang langsung makan buanyaaak ketika berbuka. Hal itu salah besar! bisa menyebabkan perut kembung dan begah, apalagi lambung jadi bekerja lebih keras karena seharian belum makan.

Makanlah secara bertahap, makanan ringan dulu seperti salad buah, kurma, lalu air putih, baru makan berat secukupnya.

4. Makanan Berminyak? Diatur Ya…

Makanan berminyak seperti bakwan goreng, tahu isi, tempe menjes, dan masih banyak lagi memang terlihat menggoda saat kalian hendak berbuka. Tapi, makanan seperti itu bila perlu diatur, terlalu sering makan makanan berminyak saat berbuka puasa bisa menyebabkan lonjakan kolesterol.

5. Makanan dan Minuman Manis Juga Harus Diatur

Perhatikan porsi makanan atau minuman manis yang kalian konsumsi ketika berbuka puasa. Memakan makanan dan minuman yang manis bertujuan untuk menormalkan gula darah , tetapi kalau berlebihan bisa menyebabkan masalah.

Kalau kalian mengonsumsinya selama bulan Ramadhan tanpa perhatian khusus, bisa-bisa berat badan kalian melonjak drastis tanpa disadari. Bisa juga menyebabkan diabetes yang membahayakan bagi tubuh kalian.

6. Olahraga

Jangan jadkan puasa sebagai halangan kalian untuk tetap berolahraga. Lakukan saja olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, jogging selama 30 menit. Kalau itu terasa monoton lakukan kegiatan sehari-hari saja, seperti membersihkan rumah, merapikan kamar, melipat pakaian, dan lainnya. Lakukan itu senyaman dan se-enjoy mungkin.

7. Istirahat Yang Cukup

Selain memperhatikan pola makan, perhatikan juga jadwal tidur kalian. Mengantuk selama bulan puasa bukan disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, kekurangan energi, dan lainnya, melainkan karena jadwal tidur yang tidak teratur.

Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan sahur, pada malam harinya jangan begadang. Tubuh membutuhkan tidur malam selama 8 jam, kalian bisa tidur setelah sholat tarawih. Selain itu kurang tidur bisa mempengaruhi kinerja otak yang akhirnya menghambat aktivitas kalian.

Begitulah tips agar bisa melewati puasa dengan tubuh yang fit. Tetap jalankan puasa dan terus semangat ya:))

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment