Internet Sudah Genap 30 Tahun, Penemunya Mengutarakan Keprihatinan.

Penemu Internet Mengutarakan Keprihatinan

Dilansir dari cnnindonesia.com, penemu internet yaitu Sir Tim Berners-Lee menuliskan refleksi tentang jejaring buatannya yang telah dipakai selama tiga dekade ini.

Refleksi yang ditulisan olehnya tersebut berisi tentang keprihatinan yang ditulis pada saat ulang tahun www atau world web wide yang jatuh pada tanggal 11 maret kemarin.

Menurutnya, internet yang ada pada saat ini banyak disalahgunakan menjadi wadah penyebaran perilaku criminal.

“ Web telah menyediakan wadah bagi mereka pelaku tindak criminal, para penipu (scammer) ataupun mereka yang mengujarkan kebencian. Sehingga membuat semua itu sangat mudah dilakukan pada saat ini “.

Kejahatan Di Internet Masih Bisa Diperbaiki

Namun menurut Sir Tim Berners-Lee, sisi negatif internet saat ini seperti tindak kejahatan masih bisa diperbaiki dalam kurun waktu 30 tahun kedepan.

“ Akan menjadi kekalahan yang tidak menarik jika kita membiarkan web kita pada saat ini tanpa melakukan perubahan pada 30 tahun kedepan. Jika kita menyerah dengan keadaan saat ini maka bukan web yang membuat gagal, akan tetapi kita sendiri yang membuatnya gagal” begitu kurang lebih ucapan dari Sir Tim Berners-Lee.

Meskipun demikian, ia tak menampik masalah manfaat apa saja yang telah diberikan oleh internet kepada umat manusia.

“ Web telah menjadi tempat publik, toko, perpustakaan, sinema,kantor, studio design dan masih banyak lagi” begitu kurang lebih ucapan yang disampaikan dikutip dari Fortune.

Dilansir dari The Verge, Hari ini Sir Tim Berners-Lee akan memberikan pemaparannya kembali tentang internet pada saat ini. Pemaparan tersebut akan dilaksanakan di Laboratorium CERN pada pukul 14.50 WIB.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment