Inilah 5 Tips Merawat Baterai Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui.

Saat ini banyak sekali smartphone yang sudah dibekali dengan baterai yang Non-Removable atau biasa disebut dengan baterai tanam.

Seiring berjalannya waktu dengan adanya processor, ram, dan komponen smartphone lainnya yang semakin di upgrade maka kebutuhan baterai pun akan semakin tinggi. Pasti Kesel banget kan kalau waktu kamu main game tapi baterai lowbet ?

Oleh karena itu brand-brand sekarang berlomba-lomba untuk membuat sebuah smartphone berspesifikasi tinggi dengan baterai yang berkapasitas tinggi dan tentunya rata-rata sudah memakai baterai Non-Removable atau baterai tanam

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non-Removable

Kamu harus tahu bahwa baterai model ini memberikan keuntungan seperti kapasitas yang cukup besar dan baterai yang tahan lama. Akan tetapi dibalik keuntungannya tersebut baterai tanam memiliki kekurangan seperti jika baterai tersebut terjadi masalah.

Kamu akan kesusahan untuk mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru, mau gk mau kamu harus pergi ke service center brand smartphone tersebut. Hal ini menurut saya cukup merepotkan, meski peluang baterai rusak pun mungkin hanya sekitar 5% untuk pemakaian normal.

Tapi jika kamu seorang gamers atau orang yang gk bisa lepas dari yang namanya smartphone hal ini akan menjadi masalah karena pastinya kamu akan terus memaksa smartphone kamu agar terus menyala dengan berbagai cara dan jika kamu melakukannya terus menerus akan membuat smartphone kamu menjadi panas.

Penggunaaan seperti itu akan mengurangi umur dari baterai itu sendiri dan meningkatkan resiko kerusakan seperti baterai kembung dan jika keadaan tersebut terus berlanjut tidak menutup kemungkinan baterai tersebut akan meledak.

Berbahaya bukan ? oleh karena itu saya akan jelasin nih, apa aja yang harus kamu lakukan agar baterai smartphone kamu tetap awet dan tahan lama.

Berikut 5 Tips Merawat Baterai Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

1. Hindari Penggunaan Smartphone Saat Mengisi Daya.

Sumber : bolehkah.com

Perlu diketahui bahwa sebenarnya penggunaan smartphone saat mengisi daya ini adalah hal yang biasa bagi kebanyakan orang. Kebanyakan hal itu terjadi karena sedang bermain game lalu di tengah pertandingan baterai tersisa 1 – 10% dan akhirnya memainkan game sambal mengisi daya.

Selain itu mendengarkan music,menonton video, dan bermain sosmed juga dapat membuat orang tidak bisa jauh dari charger. Jika kegiatan tersebut dilakukan biasanya akan menimbulkan panas berlebih pada smartphone.

Hal ini merupakan awal dari kerusakan baterai smartphone itu sendiri, meskipun efeknya belum terasa saat beberapa hari melakukannya. Akan tetapi jika itu dilakukan terus menerus setiap harinya, maka perlahan lahan akan mengurangi usia dari baterai itu sendiri.

2. Jangan Terlalu Memaksakan Smartphone

Sumber : trendingdunia.net

Hal Ini yang sering dilakukan oleh orang-orang yang memaksakan bermain game dengan kapasitas besar akan tetapi spesifikasi smartphonenya tidak memenuhi persyaratan minimun untuk bermain game tersebut.

Contohnya sebuah smartphone dengan spesifikasi menengah kebawah dengan kapastias RAM 1GB ingin digunakan untuk memainkan game dengan persyaratan minimun spesifikasi menengah keatas dengan kapasitas RAM minimal 2GB.

Akhirnya komponen seperti prosesor, ram, dan komponen lainnya akan bekerja lebih keras untuk dapat menjalankan game dengan kapasitas besar tersebut dan biasanya akan menimbulkan efek ke baterai seperti cepat sekali panas dan baterai berkurang drastis.

3. Hindari Smartphone Terlalu Panas

Sumber : psafe.com

Jika smartphone kamu sudah terlalu panas maka istirahatkan terlebih dahulu, karena jika terus dipaksakan akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam smartphone.

Pastikan untuk menyimpan smartphone pada suhu ruangan normal agar baterai dalam smartphone tetap awet dan tahan lama.

Perlu diketahui bahwa penggunaan Smartphone pada suhu yang terlalu rendah seperti ditempat yang bersalju dalam waktu lama dapat mengurangi kapasitas dari baterai, sebaliknya jika penggunaan smartphone pada suhu yang tinggi seperti di bawah sinar matahari dalam waktu lama dapat merusak komponen yang ada dalam smartphone.

4. Jangan Mengisi Daya Semalaman

Sumber : jalantikus.com

Kebanyakan orang sering melakukan mengecas baterainya sebelum tidur menginginkan agar baterai smartphonenya terisi penuh pada keesokan harinya. Hal ini dilakukan biasanya agar smartphonenya langsung siap digunakan kembali pada keesokan harinya.

Karena jika kegiatan ini dilakukan terus menerus biasanya baterai akan mudah kembung dan resiko terburuk yang dapat terjadi yaitu meledak saat dicas.

Untuk menjaga baterai tetap tahan lama dan tidak mudah rusak, saya sarankan agar mengisi daya jika baterai sudah 30% dan melepasnya pada saat baterai sudah 80%.

5. Jangan Membuka Banyak Aplikasi

Sumber : lemoot.com

Hal ini yang biasanya tidak diperhatikan oleh sebagian besar orang, jika membuka suatu aplikasi lalu langsung berganti-ganti ke aplikasi yang lain. Sehingga aplikasi yang dibuka sebelumnya akan berjalan di belakang layar dan mengurangi baterai smartphone secara perlahan.

Untuk membuat baterai smartphone akun agar tetap tahan lama, maka biasakanlah untuk menutup semua aplikasi yang tidak digunakan agar smartphone kamu bisa digunakan lebih lama lagi.

Setelah kamu membaca tips yang perlu dilakukan untuk merawat baterai smartphone awet diatas, apakah kamu pernah menerapkan tips ini sebelumnya ? jika belum bisa dicoba nih. Supaya baterai kamu tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka Panjang. Selamat mencoba!.

 

 

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment