Gila!! China Memantau Pekerja Sanitasi Dengan Gelang Pelacak!!

China memiliki reputasi dalam memantau warganya, dan rasanya seperti mereka terus mencari cara baru untuk menggunakan gadget untuk tujuan itu – chip RFID di mobil, kacamata pengenal wajah, dan seragam pelacak lokasi untuk siswa yang menjadi  berita utama dalam satu tahun terakhir.

Sekarang, mereka menambahkan pekerja sanitasi dengan gelang pelacak yang dilengkapi GPS ke dalam daftar. Pada 3 April, ada berita bahwa pekerja sanitasi di Nanjing, distrik Hexi China diharuskan memakai gelang pintar pelacak GPS.

Gelang ini tidak hanya memantau lokasi mereka setiap saat, tetapi juga membuat mereka terdengar jika mereka berhenti bergerak selama lebih dari 20 menit.

Protes Publik Terhadap Gelang Pelacak.

Hanya satu hari kemudian, South China Morning Post melaporkan, tekanan publik telah meningkat drastis. Hal ini membuat  perusahaan sanitasi lokal memutuskan untuk mundur sedikit.

Merekapun menghilangkan bagian yang paling menjengkelkan dari sistem. Sekarang, gelang tidak akan lagi mengatakan “tolong lanjutkan bekerja” jika seorang pekerja memutuskan untuk tinggal di satu tempat. Akan tetapi mereka dilaporkan masih melacak para pekerja.

Tidak jelas apakah hasil itu akan cukup untuk memuaskan publik. Menurut saya sendiri, itu tergantung pada bagaimana berita disajikan kepada mereka.

Anehnya, tajuk utama South China Morning Post berbunyi “Pekerja dibebaskan dari pengawasan setelah protes” dan “Pekerja China dibebaskan dari pengawasan Big Brother style setelah protes publik,” kedua tajuk ini tidak ada yang sejalan dengan fakta dari kisahnya sendiri.

 

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment