Gampang Ketipu Waktu Belanja Online, Yuk Simak Tipsnya Biar Gak Ketipu.

Ada beberapa jenis penipuan yang kerap terjadi ketika belanja online. Contohnya, produk yang tidak sesuai dengan foto yang terpampang di situs belanja. Selain itu, ada juga kasus di mana barangnya tidak sampai, ketika coba dihubungi, eh, enggak ada responnya sama sekali.

Yuk Simak 12 Tips Belanja Online Biar Gak Ketipu.

1. Belanja di Situs yang Sudah Memiliki Reputasi Baik.

tips-belanja-online-1

Kamu harus memastikan untuk memilih situs online yang sudah memiliki reputasi. Cara mengetahuinya adalah dengan mencari testimoni terkait situs tersebut. Di mana melihat testimoninya? Buka saja di Play Store ataupun App Store. Toko online yang sudah memiliki nama pasti memiliki aplikasi.

2. Perhatikan Tingkat Keamanan Situs Belanja Online.

Salah satu indikasi bahwa toko online tersebut bisa dipercaya adalah tingkat keamanan yang dimilikinya. Caranya gampang kok, cari situs yang diawali dengan HTTPS. Kamu akan menemukan adanya simbol gembok yang muncul pada address bar. Ini menandakan bahwa situs tersebut telah dilengkapi dengan secure sockets layer (SSL).

3. Jangan Memberikan Terlalu Banyak Informasi.

Setelah memastikan situs belanja online yang aman, biasanya kamu akan disuruh untuk membuat akun agar kamu bisa berbelanja di situs tersebut. Minimalisir info yang bisa kamu berikan kepada toko online. Jika terjadi kebocoran data, privasimu yang akan menjadi taruhannya.

4. Buat Password yang Super Kuat.

tips-belanja-online-2

Demi memberikan perlindungan ekstra, kita harus menyiapkan password yang ekstra kuat agar data kita di toko online tersebut aman. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang serumit mungkin.

5. Baca Terms and Conditions.

Jaka paham kalau ini menjadi satu aktivitas yang sangat membosankan. Akan tetapi, demi keamanan dan kenyamananmu berbelanja online, Jaka saranin untuk mengusir rasa malas tersebut.

Bacalah terms and condition. Perhatikan baik-baik tiap poin, terutama yang berkaitan dengan transaksi. Contohnya, apakah ada pengembalian uang jika barang tidak sampai.

Selain itu, perhatikan pula poin yang berkaitan dengan data kita, seperti apakah data kita tidak akan diberikan kepada pihak lain dan lain sebagainya.

6. Belanja di Lapak yang Terpercaya.

Jika sudah menentukan toko online dan telah menyelesaikan berbagai urusan administrasi, maka sudah saatnya untuk kamu memilih lapak atau penjual yang terpercaya. Beberapa toko online sudah menyediakan rating untuk menandai penjual mana yang sering mendapatkan respon positif maupun negatif.

7. Jangan Mudah Tergoda dengan Barang Terlalu Murah.

tips-belanja-online-3

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh toko online adalah harga yang lebih murah dari retail tradisional. Tentu saja kita akan senang jika bisa mendapatkan barang yang murah. Akan tetapi, jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah. Kecuali ada event resmi dari toko onlinenya (seperti Mini Cooper seharga Rp12.000), jangan tergoda. Misal ada penjual yang menawarkan ASUS ROG Phone dengan harga Rp200.000, jangan pernah mempercayai tawaran tersebut.

8. Baca Deskripsi dan Pastikan Keaslian Produk Secara Teliti.

Setelah menemukan barang yang ingin dibeli, baca deskripsi produk dengan teliti. Jika membeli pakaian, pastikan bahan yang digunakan sesuai dengan yang kamu cari. Yang tak kalah penting adalah ukuran pakaian. Penjual yang baik biasanya menyantumkan detail panjang lebar pakaian yang dijual. Pastikan juga keaslian produk yang ingin kamu beli (kalau kamu membeli produk asli). Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan membaca testimoni.

9. Bandingkan Harga dengan Cermat.

Sebelum membeli suatu produk, coba bandingkan harga barang dengan penjual lain. Kalau perlu, bandingkan juga dengan toko online untuk mendapatkan harga terbaik.

10. Pilih Cara Pembayaran Paling Aman.

tips-belanja-online-4

Toko online memberikan berbagai cara untuk melakukan pembayaran, seperti dengan menggunakan kartu kredit, transfer melalui mobile banking, PayPal, hingga menggunakan berbagai layanan fintech. Kalau kamu tipe orang yang cukup paranoid untuk kehilangan uang, mungkin kamu bisa memilih metode Cash on Delivery alias CoD.

11. Periksa Kembali Total Pengeluaran Sebelum Membeli

Ketika akan melakukan pembayaran, perhatikan lagi jumlah barang yang ingin dibeli. Jangan sampai tanpa sengaja kamu membeli dua barang yang sama persis. Selain itu, perhatikan juga ongkos kirimnya. Kalau kamu tidak segera butuh barangnya, kamu bisa pilih pengiriman yang paling murah. Perhatikan juga jika ada promo-promo gratis ongkir.

12. Simpan Bukti Transaksi

Simpanlah bukti transaksimu untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Biasanya, nota akan disertakan ketika barang diantar ke rumahmu.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment