EXO-L Geram Karena Adanya Plagiarisme di Kontes Jepang Ini!

24 Juli 2019 EXO-L dibuat heboh dengan adanya kontes Jepang bernama ‘EXA Kids’. Yang membuat mereka heboh bukanlah nama kontesnya, melainkan logonya. Tak masalah jika nama kontesnya mirip dengan nama grup idol Korea, yaitu EXO, tetapi logo yang mereka gunakan juga sangat mirip meskipun ada sedikit perubahan.

Kontes ‘EXA Kids’ adalah kontes yang ditujukan untuk anak-anak dalam menunjukkan keahlian mereka, seperti pemrograman komputer, kemampuan numerik, dan masih banyak lagi.

EXO-L akhirnya membanjiri promotor kontes melalui media sosial mereka. Alih-alih mengganti model logonya, mereka malah tak mengakui bahwa logo tersebut hasil jiplakan dan berdalih bahwa itu murni karena mereka ‘terinspirasi’ oleh EXO.

1. “Itu tidak ada bedanya dengan logo boygrup EXO. Mereka hanya menambahkan satu garis kecil di ujungnya,”

2. “Terinspirasi oleh EXO? Bolehlah terinspirasi, tapi setidaknya ubahlah sedikit logomu, kalian benar-benar terlihat seperti plagiat,”

3. “Aku senang ada orang yang terinspirasi dengan idolku, namun tak bisakah kau mengubah lagi sedikit logo kontesmu? Itu sangat mirip dengan EXOku, aku hanya takut ada seseorang yang menuduhmu plagiat nantinya,”

Banyak penggemar EXO yang merasa bahwa kontes tersebut melakukan tindakan plagiarisme. Ada yang mempermasalahkan hal ini ada juga yang sekedar menganggapnya angin lalu dan berpikir bahwa itu murni terinspirasi.

Logo Boygrup EXO (atas), logo EXA Kids (bawah)

Ada beberapa balasan dari perwakilan ‘EXA Kids’ yang mengatakan, “Terima kasih telah menunjukkan masalah ini. Namun, sejak awal, kami telah merancang logo sendiri. Oleh karena itu, alih-alih menyebutnya ‘plagiarisme,’ kami percaya bahwa kami terinspirasi oleh logo”.

Sementara itu, di balasan lain, mereka mengungkapkan bahwa mereka ingin memodifikasi atau mengubah logo tersebut di masa depan dan meminta maaf telah menyebabkan kehebohan.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment