Dual Display Dalam Kamera Ini Jadi Pesaing GoPro!

DJI baru saja merilis action camera pertamanya, yaitu Osmo Action. Memiliki lensa ultra-wide dengan bidang pandang 145 derajat dan diafragmanya f/2.8. Kamera yang satu ini ternyata mirip dengan Hero besutan GoPro dari segi ukuran, desain, maupun fiturnya.

Jika GoPro punya sistem stabilizer Hypersmooth di Hero 7 Black, maka Osmo Action memiliki RockSteady yang sama-sama berbasis software. Kedua action camera ini sama-sama bisa merekam format video 4K pada 60 fps dengan stabilizer aktif atau pun mati.

Video 8x slow motion yang dibuat oleh Hero 7 Black dan Osmo Action sama-sama anti air. DJI mengklaim keunggulannya yang satu ini dengan kedalaman air hingga 11 meter, sedangkan Hero 7 Black maksimal 10 meter.

Perbedaannya Dengan GoPro

Dari semua kesamaan itu, lantas dimana perbedaannya? Perbedaannya terletak di bagian depan, adanya layar selfie untuk mengambil gambar dan merekam video di Osmo Action, selain layar di belakang. Fitur layar kedua itulah yang menjadi nilai jual Osmo Action dibanding dengan yang lainnya. Sebab, GoPro selama ini tidak memungkinkan penggunanya untuk melihat preview saat melakukan perekaman atau mengambil gambar dari depan ketika selfie atau vlogging.

Selain itu, DJI juga menyematkan fitur perekaman video 4K HDR yang cocok untuk kondisi pencahayaan yang kontras. Hal inilah yang menjadi pembeda dengan GoPro yang hanya menawarkan HDR di foto dan mode timelapse di Hero 7 dan 6 Black.

DJI nyatanya juga menyajikan filter lensa sebagai pelengkap Osmo Action. Meski terlihat lebih unggul, action camera ini juga memiliki sedikit kelemahan, yaitu gerakan layar di kamera agak error sementara dari gerakan sebenarnya. Tetapi tenang saja, DJI akan memperbaikinya dalam pembaruan firmware ke depannya.

Osmo Action ini dijual seharga 350 dollar AS atau dalam rupiah sekitar Rp5 juta. Kabar gembiranya, DJI mengadakan program trade in untuk tukar tambah ponsel, tablet, drone, atau kamera dengan Osmo Ation. Kamera ini sepertinya akan menyambangi toko-toko pada 22 Mei mendatang.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment