Cepat Lelah? Sering Merasa Lemas? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Penawarnya!

Adakah diantara kalian yang mengalami gejala 5L? Letih, lesu, lemah, lelah, dan lunglai? Biasanya, kalian akan mencari obat untuk mengatasinya, tapi tak semua obat bisa jadi jawabannya. Perhatikanlah makanan dan minuman yang kalian konsumsi, bisa jadi kesalahan dari kalian memilih makanan dan minuman adalah jawaban dari semua ini.

Kami punya tips sederhana yang bisa kalian temukan di sekitar kalian, makanan dan minuman yang bisa jadi jawaban untuk mengatasi 5L tadi. Penasaran? Ini dia daftarnya!

5 Solusi Mengatasi Kelelahan Yang Berlebih

1. Yogurt

Yogurt bisa jadi menu sarapan di pagi hari, kalau kalian tidak suka dengan yogurt biasa tambahkan saja buah atau kacang-kacangan favorit kalian. Bisa juga buat smoothie yogurt.

Yogurt mengandung sejumlah protein, probiotik usus yang sehat, dan karbohidrat yang bisa melawan kelelahan tubuh kalian. Bahkan, tubuh kalian lebih mudah memproses yogurt ketimbang makanan padat yang lainnya.

Probiotik yang ada di dalamnya dapat membantu meringankan gangguan kelelahan kronis. Tapi ingat konsumsi yogurt yang rendah lemak ya..

2. Sayur Bayam

5L bukan sekedar karena kelelahan, tapi karena kurang darah (anemia) juga bisa. Solusi mengatasinya selain minum obat penambah darah bisa juga dengan mengonsumsi sayur bayam.

Sayuran yang satu ini kaya akan zat besi yang membantu darah dalam mengirimkan oksigen ke sel-sel tubuh kalian. Selain itu, dengan mengonsumsi bayam dapat membantu tubuh untuk menghasilkan energi dan menangkal kelelahan.

3. Oatmeal

Oatmeal berbahan dasar gandum utuh, itu artinya ia memiliki kandungan bermanfaat dalam tubuh, seperti magnesium, protein, vitamin B1 dan fosfor.

Makanan ini pas untuk menghilangkan rasa lelah. Kaya akan karbohidrat yang dapat disimpan dalam tubuh sebagai glikogen sepanjang hari. Selain untuk mengatasi kelelahan, oatmeal juga baik untuk kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya tinggi. Cukup mengonsumsi oatmeal semangkuk saat sarapan.

4. Biji Labu

Dalam buah labu terdapat protein yang berkualitas tinggi, mulai dari vitamin B1, B2, B5, B6, asam lemak omega-3, dan mineral seperti fosfor, magnesium dan mangan. Nutrisi inilah yang bekerja untuk menghasilkan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu melawan gejala 5L.

Adanya triptofan dalam biji labu membantu kalian dalam mendapatkan istirahat yang lebih baik dan membantu mengatasi kelelahan emosional.

5. Pisang

Dalam satu buah pisang terdapat berbagai nutrisi yang kita butuhkan, termasuk vitamin B, C, asam lemak omega-6, asam lemak omega-3, karbohidrat, dan serat.

Asupan ini bisa mengatasi dehidrasi dan jenis kelelahan lainnya. Selain itu gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa juga terdapat dalam pisang yang mampu memberikan energi.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa kalian temukan dalam kehidupan sehari-hari. Coba dikonsumsi dan ditekuni salah satunya agar meningkatkan energi kalian. Semoga bermanfaat:)

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment