Cara Supaya Nggak Ketipu Berita Hoax di Grup Sosmed Kamu.

Kata-kata Hoax yang sudah tersebar dimana mana, dari hoax timbul berbagai fitnah yang dengan sangat mudahnya sampai pada kita. Media yang dianggap sebagai tempat yang enak untuk penyebaran Hoax yaitu grup sekolah, lingkungan, ataupun keluarga kamu. Dari itu, Thela mau kasih kamu tips untuk cara menghindari berta hoax digrup sosmedmu.

Cara Mengindari  Hoax di Grup Sosmed Kamu.

Perlu kita tau, bahwa kebanyakan orang yang menyebarkan berita hoax yaitu kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu, ini bisa terjadi karena kurangnya pengecekan dari sebuah informasi berita. Ada juga yang banyak dari mereka gaptek atau gagap teknologi sehingga tidak tau bagaimana cara mengecek sebuah informasi berita yang sudah mereka terima. Kita sebagai generasi yang pastinya lebih paham dengan teknologi, itu menjadi tanggung jawab kita untuk membantu dalam menyisihkan berita yang benar dan yang salah.

  1. Melakukan Pengecekan Berita.

Langkah awal yang  bisa kamu lakukan yaitu coba cari dulu diGoogle informasi berita yang mau disebarkan dan menurut kamu itu Hoax. Jika informasi berita yang kamu dapetin hasilnya berbeda, bisa dipastikan itu Hoax. Segera kamu beri tau ke grup sosmed kamu bahwa informasi tersebut salah dan juga lampirkan sumber berita yang terpercaya dan benar.

 

  1. Cek Narasumber.

Yang kamu perhatikan berikutnya adalah narasumber dari berita tersebut, jika sumbernya hanya katanya, waspada kalau berita tersebut adalah Hoax. Apabila berita hanya bersumber dari medsos, banyak informasi yang ternyata tidak jelas dari mana asal beritanya.

 

  1. Judul Yang Memancing Emosi.

Seringkali berita hoax muncul dengan judul yang cukup provokatif sehingga memancing emosi bagi pembaca, emosi dari pesan tersebut disebarkan begitu saja tanpa dicek terlebih dahulu. Jika menemukan judul berita yang seperti itu, kamu perlu waspada dan mencari berita yang sama untuk memeastikankebenerannya.

 

  1. Memperhatikan foto dan video.

Kecanggihan teknologi yang kita miliki saat ini, aplikasi edit foto atau video dapat dilakukan dengan sangat mudah. Dari sebab itu jangan mudah percayajika melihat foto atau menonton video yang mencurigakan.

 

  1. Jadilah Pembaca Yang Kritis.

Ketika mendapatkan sebuah informasi, jadi pribadi yang kritis dengan menanyakan “apakah berita ini benar atau hoax ?”. Dengan kamu membiasakan diri melakukan itu, kamu juga akan selalu waspada dan tidak langsung percaya terhadap informasi yang masuk kegrup sosmedmu.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment