Cara Mengatasi Ponsel Agar Tidak Cepat Panas

Kalian pasti sering mengalami overheat atau panas berlebih pada ponsel kalian. Tidak peduli ponselmu itu merek ternama atau kualitasnya yang paling ciamik, overheat pasti menjadi salah satu alasan utamanya.

Overheat membahayakan usia HP dan juga penggunanya. HP yang harusnya bisa digunakan selama bertahun-tahun jadi cepat rusak karena sering panas. Lalu, kalau sering panas lama-lama bisa meledak, bahaya kan buat penggunanya.

Nah, setelah mengetahui bahayanya HP yang sering kena overheat, kalian pasti mau tau kan cara mengatasinya? Kuy kita lihat di bawah ini…

Cara Mengatasi Overheat Pada Ponsel

1. Install aplikasi seperlunya

Install Aplikasi

Aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat HP kalian merasa keberatan yang berujung jadi overheat. Bayangkan kalau HP itu adalah manusia, diberi banyak pekerjaan dan dipaksa untuk terus bekerja pasti akan jatuh sakit. Nah, HP seperti itu cara hidupnya, sama seperti manusia. Selain itu semakin banyak aplikasi bisa membuat ponsel jadi error.

2. Gunakan baterai original

HP dan Baterai

Saat ini, penggunaan baterai tanam sudah menjadi tren produksi HP. Namun saat baterai sudah mulai berada pada kondisi drop atau menuju kerusakan, kita dapat menggantinya dengan yang baru. Saat baterai HP rusak, sebaiknya ganti dengan baterai original yang memiliki kualitas lebih baik dan sudah terjamin ketahanannya, walaupun harganya cukup mahal. Biasanya baterai dengan harga murah berkualitas buruk tidak bertahan lama, sering panas dan cepat rusak.

Lebih baik baterai mahal tapi HP tetap terjaga umurnya, daripada murah tapi membuat HP cepat rusak.

3. Charge HP seperlunya

Mencharge HP

Biasanya, kita mengcharge HP lalu membiarkannya penuh sampai lupa tidak melepasnya. Kebiasaan buruk ini perlu ditinggalkan demi kesejahteraan kehidupan HP kalian.

Meskipun beberapa charger dapat memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100 persen, namun membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100 persen terus terisi juga tidak baik. Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali justru lebih baik, daripada baterai dibiarkan hingga kondisi nol persen lalu diisi daya.

Selain itu jangan terlalu sering menggunakan HP yang sedang di charge. Hal ini dapat memicu overheat lebih cepat karena pemrosesan aplikasi dan hardware ditambah temperatur yang dihasilkan ketika mengisi daya baterai.

4. Lepas casing HP

Casing HP

Nah, memiliki casing HP yang tebal memang baik, selain tidak tergores, saat terjatuh pun tidak akan sampai rusak. Tetapi, casing HP yang terlalu tebal juga tidak baik karena dapat menghambat udara yang masuk ke HP, jadinya HP cepat mengalami overheat.

Sebaiknya, pilihlah casing HP yang tidak terlalu tebal tapi tetap bisa menjaga keamanan HP sehingga udara tetap bisa masuk dan mengurangi dampak overheat.

5. Biarkan lubang charger terbuka

Port Charge Yang Terbuka

Ada beberapa ponsel sudah menggunakan sertifikasi tahan air, dan memiliki penutup lubang charger. Sebaiknya port charger pada ponsel tidak dalam keadaan tertutup kecuali saat berada dalam air ya. Sama seperti casing HP, hal ini dilakukan agar ponsel tidak mengalami panas yang berlebih karena kurangnya udara masuk ke dalam ponsel.

6. Simpan HP di tempat dengan ventilasi udara yang baik

HP Harus di Ruangan Berventilasi Udara

Kalian pernah kan menyimpan HP di saku celana, lalu waktu dikeluarkan terasa panas padahal tidak digunakan. Nah, itu adalah salah satu penyebab overheat pada HP. Sebaiknya kalian menyimpan HP di ruangan yang memiliki udara, di ruangan ber-AC malah lebih baik. Selain itu jangan meletakkan HP di bawah bantal, selain bisa mempengaruhi otak karena radiasinya, HP juga kekurangan udara yang bisa menyebabkan kerusakan dini.

7. Jangan Terlalu Sering Menonton YouTube

Menonton YouTube di mobil saat menghadapi kemacetan memang menyenangkan. Namun perlu diketahui, terlalu lama streaming YouTube dapat mempercepat naiknya temperatur ponsel. Hal ini disebabkan karena proses streaming video membutuhkan data yang besar serta penggunaan RAM yang tinggi.

8. Matikan Ponsel

Matikan Ponsel

Ini merupakan senjata pamungkas bagi HP yang mengalami overheat. Mematikan HP jelas akan menghentikan seluruh proses yang terjadi saat HP menyala. Hal tersebut akan dengan cepat menurunkan temperatur HP. Terlebih, mematikan HP dapat ‘mengembalikan’ kecepatan proses aplikasi seperti semula.

 

Seperti itulah tips yang bisa kalian ikuti agar HP kalian tidak mengalami overheat. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment