Cara Jitu Agar Komputermu Sehat Selalu

Komputer merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan komputer seseorang bisa melakukan berbagai hal seperti berbisnis,dan bersantai.

Apabila komputer rusak maka akan menjadi hal yang merepotkan karena biaya perbaikan memang tidak murah.Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga komputer agar lebih sehat.

Untungnya menjaga kesehatan komputer itu tidak terlalu memakan waktu lama dan tidak terlalu sulit.Disini kita akan membagi 6 hal yang harus dilakukan agar komputermu sehat selalu :

1.Berpikir dahulu sebelum menginstall program.

Sumber : recoverit.wondershare.com

Dalam hal menginstall program,banyak orang yang tidak terlalu berhati-hati.Hal ini menyebabkan komputer mereka tidak sehat.

Hal yang harus diperhatikan dalam menginstall software pertama adalah ukurannya. Semakin besar ukurannya maka akan semakin memakan tempat dan menyebabkan komputer akan semakin lamban.

Yang kedua adalah sumbernya,apabila sumbernya tidak bisa dipercaya bisa jadi dalam program itu terdapat virus yang bisa merusak computemu. Agar aman,gunakan komputer kedua untuk mengetes program sebelum diinstall ke komputer utama.

2.Pasang Antivirus

Sumber : /www.bleepingcomputer.com

Mempersiapkan penjagaan agar komputer aman adalah hal utama. Tanpa antivirus komputermu akan dengan mudah dimasuki oleh virus yang dapat merusak komputermu.

Setelah mendownload antivirus maka update lah setiap ada pemberitahuan update,agar komputermu mendapat perlindungan yang terbaik.

3.Mengupdate Operating System

Sumber : www.indiamart.com

Mengupdate sistem operasi sangatlah penting agar komputermu bisa berjalan maksimal. Apabila kalian menggunakan sistem operasi Windows maka kalian bisa mengupdatenya di website resmi mereka.

4.Buang Apa Yang Tidak Diperlukan

Sumber : www.addictivetips.com

Setiap bulan kalian harus mengecek file komputermu untuk menemukan program atau file sampah yang tidak diperlukan. File dan program sampah ini memakan kapasitas dalam hard drive.

Jadi agar kompuer kalian berjalan lebih cepat maka kalian harus menghapus program dan file sampah yang ada pada komputer kalian.

5.Bersihkan Secara Rutin.

Sumber : www.wikihow.com

Komputer apabila kotor akan mudah sekali rusak.Maka agar hal ini tidak terjadi kamu harus memperhatikan kebersihan komponen dalam komputer.

Pastikan bagian ventilasi tidak tersumbat oleh apapun. Bersihkan bagian dalam komputer minimal 1 bulan sekali agar komputer berjalan maksimal dan sehat.

6.Persiapkan Backup Data

Sumber : www.makeuseof.com

Apabila komputermu rusak secara tiba-tiba,maka kamu harus bersiap-siap. Oleh karena itu,sangatlah penting untuk menyiapkan backup untuk data pentingmu.Kamu bisa membackup nya online,atau dengan external hard drive.

Pastikan untuk membackup data sesering mungkin agar apabila komputermu rusak secara tiba-tiba datamu bisa terselamatkan.

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment