Google Pixel 3 Review Awal

11 October 2018 - Kategori Blog

Google Pixel 3 menjanjikan untuk memberi sebuah kamera smartphone terbaik pada di tahun 2018. Setidaknya itulah tema yang ingin Google tonjolkan berkat teknologi kecerdasan buatan di sektor kameranya.

Pixel 3 memiliki layar OLED yang cukup besar, kaya warna, namun dimensinya masih ramah untuk digunakan dengan satu tangan.

Range harganya yang masih cukup masuk akal membuat ponsel ini cocok bagi kamu yang mencari Android baru, tapi dengan budget yang nggak bikin kantong jebol.

Kelebihan yang ditonjolkan adalah kamera belakang menggunakan resolusi 12,2MP dan kamera depan menggunakan dual kamera 8MP.

Kamera depan kedua dioptimalkan untuk selfie dengan angle lebar, memungkinkan Kamu untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas.

Sebagai catatan, kualitas kamera Google Pixel 2 sampai saat ini masih terhitung masuk kategori papan atas. Hal ini membuat banyak orang berharap sektor kamera di Google Pixel 3 akan jauh lebih bagus lagi dibanding pendahulunya.

Harga dan Release Date

Pixel 3 ditetapkan untuk dirilis ke publik pada Kamis, 18 Oktober 2018 di Amerika Serikat, 1 November di Inggris dan Australia.

Ketersediaan stok juga sudah dijadwalkan untuk beberapa negara antara lain : Kanada, Prancis, Jerman, Jepang, India, Irlandia, Italia, Singapura, Spanyol, dan Taiwan.

PreOrder sudah bisa dilakukan pada hari ini. Harga Google Pixel 3 AS dibandrol mulai pada $799 untuk versi 64GB, sedangkan edisi 128GB dipatok $899.

Kabar buruknya adalah Indonesia bukan negara yang dituju Google untuk penjualan lini Pixel 3. Google Pixel 3 XL yang merupakan versi besar Pixel 3 juga selisih $100 untuk screen yang lebih besar.

Sektor Desain

Google Pixel 3 masih mempertahankan dua warna khas Google. Bagian belakang case atas dibalut lapisan kaca mengkilap, dan dibawahnya menggunakan tekstur matte.

Namun seri Pixel 3 menggunakan bahan yang agak beda di tahun ini. Seluruh bagian belakang dilapisi Corning Gorilla Glass 5, kaca yang biasanya digunakan untuk melapisi layar utama.

Desain yang hampir semua berbalut kaca membuat Pixel 3 lebih rentan terhadap kerusakan, tetapi disisi lain juga membuat koneksi LTE dan proses charging menggunakan nirkabel jadi lebih cepat. Mungkin ini sebabnya sepanjang tahun 2018, ponsel-ponsel flagship mayoritas menggunakan kaca dan jarang menggunakan body aluminium.

Pengisian daya nirkabel adalah fitur baru untuk ponsel Pixel, dan perubahan signifikan saat ini karena Google juga meluncurkan wireless charger Pixel sekalian menemani Google Pixel. Sudah lama sekali Google belum memiliki menggunakan teknologi wireless charging sejak Nexus 6.

Kami juga melihat ponsel memiliki sisi yang lebih dinamis di pada Pixel 3. Bingkainya lebih luwes daripada ponsel Google sebelumnya mengikuti tren iPhone dan lainnya.

Yang dihilangkan dari seri Pixel 3 adalah bevel yang lebih tajam di sekitar frame dan sensor sidik jari di belakang.

Kamu masih akan menemukan dua speaker depan di bagian atas dan bawah pada Google Pixel 3. Sudah jarang ponsel lain yang menggunakan tata letak speaker seperti ini padahal desain itu sangat optimal untuk suara yang lebih baik.

Ada fitur Active Edge, yang memungkinkan kamu menekan bagian samping untuk memanggil Google Assistant.

Sayangnya tidak ada headphone jack pada smartphone ini (seperti tahun lalu) dan tidak ada slot kartu microSD juga. Semua menggunakan USB Type-C dan kamu harus puas dengan kapasitas internal memory yang ada.

Layar dan Bezel

Berbicara masalah tampilan. Pixel 3 memiliki Layar OLED 5,5″ yang cocok dengan zaman kekinian. Dimensi keseluruhan adalah 145,6 x 68,2 x 7,9 mm dengan berat 148g. Ukurannya kira-kira sama dengan Pixel 2, yang memiliki layar 5.0″

Kesan pertama layar Pixel 3 terlihat lebih kaya warna daripada Pixel 2. Spesifikasinya memang tercatat hanya beda beberapa pixel/inch, tapi perlu diingat layarnya lebih tinggi.

Ada panel yang lebih kecil berkat aspek rasio 18:9 daripada tampilan lama rasion 16:9. Bezel yang terlalu besar pada desain tahun lalu, adalah salah satu kelemahan dari Pixel2.

Baterai

Pixel 3 memiliki baterai dengan kapasitas 2.915 mAh, lebih kecil dari yang diharapkan (untuk catatan : Samsung Galaxy S9 memiliki 3.000 mAh). Tapi dibandingkan masih peningkatan dibanding Pixel 2 yang baterainya 2700 mah. Google Android 9 Pie harusnya juga ada turut memberikan kontribusi menghemat baterai.

Kamu masih bisa mendapatkan daya tahan baterai sepanjang hari dengan penggunaan normal, dan ada fitur Fast-charging 18W yang siap mengisi baterai dengan cepat.

Google Pixel 3 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 845 dan 4GB RAM. Tidak mungkin menjadi pemain tercepat ketika pembuat ponsel lainnya menggembar-gemborkan 6GB RAM dan chipset A12 Apple mengalahkan Snapdragon 845 dengan sendirinya. Namun, Google yang memiliki perangkat keras dan perangkat lunak harus terbukti optimal untuk kelancaran kinerja dalam pemakaian. Bukan sekedar angka teknis saja.

Kamera

Pixel Visual Core adalah chip terpisah dan khusus untuk membantu memberikan performa kamera yang keren. Dikombinasikan dengan resolusi kamera 12.2MP, kita akan melihat fitur Machine-Learning yang memilih foto terbaik untuk menghindari blur dan mata tertutup yang disebut Top Shot.

Aperture f / 1.8 pada kamera belakang memang bukan yang terbaik, tetapi mode seperti Night Sight seharusnya memberikan Google Pixel 3 hasil yang bagus saat mengambil foto di malam hari.

Pada acara launching, Google mendemonstrasikan bagaimana ia bahkan dapat mengalahkan iPhone XS pada foto cahaya redup.

Pixel3 akan memotret dengan pixel 1.4 micron dan memiliki stabilisasi gambar secara optical dan elektronik. Sedangkan video merekam dalam kualitas 4K pada maksimal 30fps.

Berbicara masalah kebutuhan milenial yaitu selfie, Group Selfie Camera melalui kamera depan kedua adalah fitur yang keren. Dual kamera 8MP menyediakan angle 75-97 derajat.

Aperturenya agak beda: f/2.2 untuk wide-angle dan f/1.8 selfie normal.

Kesimpulan Awal

Google Pixel 3 menawarkan banyak fitur yang keren. Dual speaker depan, kamera yang mantap + AI, serta layar yang jauh lebih baik dari Pixel2. Harga lebih murah dari iPhone XS, serta OSnya Android Pie murni, dengan update langsung dari Google. Namun sayangnya baterainya terasa kurang besar untuk mengimbangi kinerjanya. Tapi kita lihat nanti apakah performa Pixel3 dengan pure Android Pie cukup irit baterai sehingga kapasitas ini sudah cukup?

Sumber : Techradar

https://www.techradar.com/reviews/google-pixel-3

 
Chat via Whatsapp