Baca Al-Quran Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja Dengan Aplikasi Ini

Kemajuan teknologi membuat kehidupan manusia semakin berkembang, entah menimbulkan dampak positif ataupun negatif. Teknologi lantas bisa memberi kita ajaran yang baik, jika kita bisa menggunakannya sesuai aturan.

Seperti yang satu ini, sekelompok pengembang aplikasi di Bandung berhasil membuat Al-Quran digital. Penemuan ini diberi nama Quran Best Indonesia, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan masyarakat membaca Al-quran dimana pun dan kapan pun.

Idham Fitriadhi, selaku founder aplikasi ini mengatakan bahwa aplikasi buatannya ini memiliki fitur lengkap dibandingkan dengan aplikasi yang ada. “Quran Best ini bisa kita nikmati senyaman Quran cetak. Kami yang bergiat di percetakan Al-Quran menyiapkan ini semudah Al-Quran cetak,” ungkapnya.

Fitur Dalam Quran Best Indonesia

Quran Best memiliki 7 jenis Al-Quran dalam satu aplikasi sehingga memudahkan penggunanya untuk membaca Al-Quran senyaman mungkin. Ada fitur Quran dengan tulisan Khat Indonesia yang bisa digunakan dengan tajwid dan non tajwid.

Selain itu disediakan juga bagi pengguna yang ingin membaca dengan Khat Madinah. Fitur lainnya adalah adanya Quran per kata sisip baris, fitur inilah yang menjadi satu-satunya yang baru di Indonesia.

Idham juga mengungkapkan bahwa dalam aplikasi ini ada Quran per ayat yang bisa kita cari tentang shalat dan juga mampu mencari doa. “Cuma kita sedang perbaiki ingin seperti Google, kalau misalkan sekarang pakai EYD karena terjemahan Kemenag jadi harus ‘shalat’, nggak boleh ‘solat’, nggak ketemu nanti. Kalau Google kan similarnya sudah kena. Kita akan buatkan itu juga,” tutur Idham mengenai keinginannya untuk menyempurnakan aplikasi ini.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur kiblat dan pengingat jadwal shalat wajib. Fitur menarik lainnya adalah adanya bookmark ayat-ayat Al-Quran dengan tema yang populer yang secara umum dibutuhkan.

Saat ini, mereka sedang melengkapi Quran Best dengan fitur audio, sehingga pengguna bisa mendengarkan tilawah Quran hingga 30 juz dari para Qori terbaik.

Mereka berusaha akan membuatkan tombol audio tanpa terpotong karena saat ini sistemnya per ayat, sehingga audio yang keluar juga disampaikan per ayat. Hal ini diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan para tunanetra.

Idham mengatakan bahwa aplikasi ini dihadirkan untuk umat Muslim secara gratis. Pengguna hanya perlu menginstallnya di Google Play Store atau Appstore. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, umat Muslim bisa semakin giat dalam membaca Al-Quran sekaligus giat menjalankan shalat wajib.

Terima kasih, founder beserta tim atas kerja kerasnya.

Tetap semangat untuk menyempurnakan aplikasi ini ya. Semoga segala keinginannya terwujudkan:)

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment