Apabila Kamu Ingin Upgrade RAM Kamu Wajib Baca!!!

Menambahkan RAM merupakan salah satu cara termudah dalam meningkatkan performa PC. Banyak gamer yang memprioritaskan unttuk mengupgrade RAM mereka sebelum perangkat lainnya.

Namun,dikarenakan kurangnya pemahaman banyak orang malah membeli RAM yang salah maupun tidak cocok dengan PC mereka.

Nah agar kamu tidak mengalami kesalahan seperti itu,kami telah menyiapkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli dan mengupgrade RAM :

1.Berapakah RAM yang kamu perlukan?

Sumber : theitbros.com

 

Secara umum,semakin tinggi RAM semakin bagus. Ketika kamu mengupgrade 4GB RAM ke 8GB maka PC mu akan mengalami perubahan drastis begitu juga dengan dari 8GB ke 16GB.

Namun apabila kamu mengupgrade RAM lebih dari 16GB maka peningkatan yang terjadi hanyalah sedikit.

Zaman sekarang RAM yang kamu butuhkan bisa berkisar antara 4-8 GB minimalnya. Namun apbila kamu seorang gamer maka kamu mungkin ingin meningkatkannya lagi menjadi 8-16 GB minimalnya.

Apabila kamu menggunakan banyak aplikasi berat maka semakin banyak RAM semakin baik.

2.Berapa Banyak RAM Yang Kamu Miliki Sekarang Dan Berapakah Slot RAM PC kamu.

Sumber : www.alphr.com

Apabila kamu ingin menambah RAM pastikan dulu berapa total RAM dan berapa total slot RAM PC mu.

Sebagai contoh,apabila kamu memiliki total 16 GB RAM maka bisa jadi RAM mu terisi oleh 2 module slot masing masing 8 GB atau 4 slot masing-masing 4 GB atau mungkin lainnya.

Hal ini untuk memastikan apakah kamu memiliki ruang slot kosong untuk RAM mu atau kamu harus menukar RAM sebelumnya dengan yang lebih tinggi. Untuk menghitung berapa slot di pc mu,kamu bisa mencoba aplikasi Speccy.

Setelah menginstall Speccy kamu hanya perlu melihat dibagian RAM untuk melihat slot RAM mu.

sumber : www.howtogeek.com

3.Seberapa Banyak RAM Yang Dapat Ditangani PC Mu?

sumber : www.digitaltrends.com

Sebelum membeli RAM kalian harus tahu dulu berapa kapasitas maksimal RAM PC kalian. Ada 2 faktor dalam menentukannya yaitu ukuran maksimal RAM berdasar windows,dan ukuran maksimal RAM yang disediakan motherboard.

Untuk Windows memiliki batas seperti berikut :

  • 32-bit Windows : 32 bit Windows 10 dan 7 hanya dapat menangani RAM sebanyak 4 GB saja apapun versinya.
  • 64-bit Windows :64-bit Windows dapat menangani samapi 128 GB RAM untuk windows 10 home,dan sampai 2 TB untuk Windows 10 Education,Professional,atau Enterprise. Di windows 7 Home Basic Edition dapat menangani sampai 8 GB,Home Premium sampai 16 GB, dan Professional 192 GB.

Bagian maksimal RAM Motherboard tergantung pada manufacture nya,kebanyakan komputer modern dapat support minimal 8 GB. Untuk mengecek manufacturer motherboardmu kamu dapat menggunakan Speccy.

sumber : www.howtogeek.com

4.Tipe RAM Apa Yang Kamu Perlukan?

Sumber : dimensidata.com

Pertama,RAM untuk desktop biasanya menggunakan DIMM modules. RAM untuk laptop dan beberapa ultra compact desktop menggunakan SODIMM modules.

Kedua,cek generasi RAM yang cocok dengan motherboardmu. Informasi ini tersedia sebagai versi DDR.

Versi dari DDR adalah sebagai berikut :

  • DDR2:Generasi ini hadir pada 2003.Kemungkinan besar PC mu tidak akan menggunakan versi ini karena versi ini sangat jadul.
  • DDR3:Generasi ini hadir pada 2007.PC yang dibuat pada 6-9 tahun yang lalu sering menggunakan RAM DDR3.
  • DDR4:Generasi ini hadir pada 2014.Versi ini ada pada setiap komputer model baru.

Motherboard dibuat untuk spesifik RAM,jadi kamu harus tahu versi apa yang support. Kamu tidak akan bisa membeli DDR4 apabila Motherboard mu hanya support DDR3,begitu pula sebaliknya.

Cara untuk mengetahuinya dengan mudah adalah dengan menggunakan Speccy. Di bagian RAM kamu akan melihat dibagian bawah yang bertuliskan Max Bandwith dengan tipe RAM yang kamu gunakan.

Apabila bertuliskan DDR4 maka motherboardmu support DDR4.

sumber : www.howtogeek.com

5.RAM speed dan Latency

Sumber : www.howtogeek.com

Jika kalian pergi untuk membeli RAM,maka kalian akan melihat spesifikasi RAM salah satunya RAM speed dan Latency.

Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • RAM speed : RAM speed adalah kecepatan RAM.RAM speed biasa dilambangkan dengan PC2/PC3/PC4 atau terkadang di lambangkan dengan lebih spesifik seperti DDR 1600.Tentunya semakin tinggi speed nya semakin cepat RAM itu bekerja.
  • Latency:Latency menandakan seberapa cepat RAM tersebut bisa mengakses hardware. Semakin rendah latency semakin cepat akses datanya.Biasanya dilambangkan dengan 4 angka seperti 5-5-5-15.

Hal yang harus diperhatikan adalah motherboard mungkin akan melimit kecepatan RAM,cek system spesifikasimu untuk mengetahui berapa kecepatan RAM yang dapat ditangani motherboardmu.

Untuk latency,lebih baik kamu menggunakan modules yang memiliki latency yang sama agar lebih maksimal.

Sekian beberapa tips sebelum membeli RAM agar kalian bisa mendapat RAM yang cocok dengan PC mu.Apabila ada pertanyaan tulis di kolom komen ya!

 

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment