10 Tips Memilih Laptop Menuju Kesuksesan!

Saat ingin membeli sebuah laptop kalian pasti memikirkan apa saja kelebihan dan kekurangan suatu laptop. Mungkin, kalian melihat ada laptop teman kalian yang sangat bagus sekali dan langsung memikirkan akan membeli laptop yang serupa karena sudah mengetahui keistimewaannya.

Tapi, jangan terburu-buru dulu, guys. Jangan memikirkan keistimewaannya saja, tapi coba kalian searching spesifikasi laptop yang kalian inginkan. Bila perlu catat rekomendasi laptop sesuai kebutuhan lalu cari spesifikasinya. Ini nih tips agar kalian tidak salah memilih laptop.

10 Tips Memilih Laptop:

1. Processor

Prosesor

Pertama kali yang perlu dilihat dari sebuah laptop adalah processornya. Rekomendasi untuk kalian nih processor yang Intel Core i3 untuk kebutuhan sehari-hari, Intel Core i5 untuk home and bussiness, Intel Core i7 untuk gaming, multitasking, dan conten creation.

2. RAM

RAM

Yang kedua terpenting adalah kapasitas RAM. Bagi kalian yang membutuhkan laptop hanya sekedar untuk kebutuhan sehari-hari atau yang normal saja pilihlah laptop dengan kapasitas RAM 8GB, sedangkan bagi kalian yang digunakan untuk hal-hal yang berat, seperti edit video, foto, gaming, dan lainnya, pilihlah laptop yang berkapasitas 16GB.

3. Graphic Card (Kartu Grafis)

Graphic Card (Kartu Grafis)

Kartu grafis ini juga dibutuhkan loh untuk mendukung grafik laptop yang baik. Jika kalian anak gamers kalian pasti tau kartu grafis yang bagus agar kualitas grafik gambarnya terdukung. Kartu grafis yang bagus adalah NVDIA GE FORCE 1050 dan RADEON RX560.

4. Storage

Storage

Lalu ada storage atau memori internal. Ada 2 tipenya yaitu SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive). Perbedaanya itu, jika SSD itu ngebut (up to 550 MB/s) sedangkan HDD itu standar (up to 248 MB/s). Kalau menggunakan HDD, kalian bisa mendapat kapasitas yang besar dan harga cenderung terjangkau, sedangkan SSD itu lebih mahal dan kapasitasnya kecil, tapi kalian mendapat read and write yang cepat.

5. Display

Contoh Display

Nah untuk yang satu ini ada 3 hal yang harus diperhatikan:

1. Ukuran

Kalau untuk ukuran ini terserah kalian, mau 13 inch, 12 inch, dan lainnya. Jika lebih besar memang enak untuk dilihat, tetapi yang perlu diingat semakin besar layar semakin besar dimensinya, sehingga lebih susah dibawa.

2. Panel

Yang ini perlu diperhatikan benar-benar. Ada 2 tipe panel, yaitu iPS dan TN. Tidak disarankan untuk menggunakan layar dengan panel TN karena jika menggunakan panel ini dalam ruangan yang terang maka sedikit susah dalam penerangannya, terlebih lagi layar TN tidak boleh dimiringkan sedikit pun karena warnanya akan memudar. Panel TN ini biasa ditemukan dalam laptop dengan harga yang terjangkau.

3. Touch Screen or NO

Yang ketiga ini sebenarnya sesuai dengan keinginan kalian. Bagi kalian yang suka dengan penggunaan tablet dan laptop kalian bisa memilih laptop dengan fitur touch screen, tetapi perlu diingat kalau layar touch screen bisa membuat performa layar semakin lama semakin menurun karena sering tersentuh dengan jari, mau itu tergores kuku atau lainnya.

6. I/O Port

I/O Port Pada Laptop

Yang ini menjelaskan seberapa banyak kalian membutuhkan port untuk internal atau output. Misalnya untuk flashdisk, kabel data, dan lainnya.

7. Keyboard

RGB Backlight

Kalau ini menjurus dengan kenyamanan kalian dan mengetik. Pertama, perhatikan dulu feel saat kalian mengetik, apakah sudah merasa nyaman atau belum. Lalu apakah kalian tidak typo dalam mengetik. Sekali lagi kalian harus mencobanya terlebih dahulu.

Ada orang yang suka mengetik dalam gelap, kalau seperti itu kalian akan membutuhkan keyboard yang LED backlight atau RGB light.

8. Design

Design Laptop Yang Tipis

Kalau kalian mencari laptop untuk gaming maka sesuaikanlah dengan kebutuhan kalian. Biasanya laptop gaming cenderung lebih besar agar air flownya lebih lancar. Lalu jika kalian membutuhkan laptop hanya untuk keperluan mengetik atau hal ringan lainnya, pilihlah laptop dengan desain yang tipis agar mudah dibawa.

9. Fitur tambahan

Fitur Tambahan

Fitur tambahan itu seperti adanya fingerprint, atau membutuhkan speaker stereo yang oke, dan fitur tambahan lainnya. Untuk hal ini kembali lagi pada kalian. Semua fitur tambahan itu tergantung dengan kebutuhan kalian.

10. BUDGET

Money

Nah kalau yang ini memang harus diperhatikan. Kalau kalian ingin membeli laptop yang oke maka perhatikanlah budget yang kalian punya. Jangan memaksakan diri kalian ya.

So, begitulah 10 tips dalam memilih laptop untuk menunjang kesuksesan kalian. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

Leave a Comment