6 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Mousepad Gaming

10 July 2018 - Kategori Blog

 

mousepad gaming terbaik

Berbicara mengenai ngegame di PC, pasti tiap gamer akan berupaya untuk memilih gaming gear terbaik. Mulai dari mouse, keyboard, headset, kursi, hingga mousepad. Untuk mousepad sendiri, banyak yang setuju jika kehadirannya dapat meningkatkan performa saat bermain game. Oleh karena itulah banyak berbagai mousepad gaming yang hadir di pasaran.

Bagi kamu yang merasa jika performa ngegame begitu-begitu saja (alias gampang kalah, hehe…), bisa jadi kamu belum menggunakan mousepad gaming. Lho, memang sepenting itu ya peran sebuah mousepad? Bisa dibilang iya karena lihat saja para gamer profesional yang menggunakan mousepad gaming sebagai pendamping dari mouse mereka.

Poin di atas merupakan salah satu alasan mengapa peran mousepad gaming tidak dapat dipandang sebelah mata. Dan masih ada alasan-alasan lain mengapa kamu juga harus pakai mousepad gaming. Tapi sebelum mengetahui alasannya, sebenarnya apa sih perbedaan mousepad gaming dan standar itu?

Perbedaan Mousepad Gaming dengan Standar

Jangan kaget ketika ada harga mousepad yang dibandrol di atas Rp 500.000. Tapi ya jangan kaget juga kalau ada mousepad yang harganya tidak sampai Rp 10.000, dan keduanya jelas tidak dapat disamakan cuy. Dari harga yang mahal terlihat kalau itu adalah mousepad gaming, dan yang murah adalah mouse standar. Nah, bedanya apa saja sih?

1. Harga

Ada kualitas, jelas ada harga yang harus dibayarkan. Harga jelasnya juga berbanding lurus dengan kualitas bahan, fitur, desain, akurasi pergerakan mouse dan lainnya. Jadi jika kamu beli mousepad gaming dengan harga tak sampai Rp 20.000, jelas perlu dipertanyakan status “gaming” pada mouse tersebut, hehe…

2. Kualitas Bahan

Kualitas bahan ini berpengaruh pada 2 hal, yakni tingkat akurasi pergerakan mouse dan ketahanan mousepad. Mousepad gaming dibekali dengan bahan berkualitas tinggi seperti perpaduan antara kain sintetis dan karet. Permukaannya pun didesain sedemikian rupa agar mouse dapat meluncur dengan maksimal.

mousepad gaming terbaik

Lalu bagaimana dengan mousepad standar? Ya bisa jadi bahannya hanya kain sekenanya, yang bisa bikin kursor mouse “lari-lari” dan gampang banget rusak (yang sering itu permukaan mousepad mudah rontok dan ujungnya mudah sobek).

Selain itu mousepad gaming relatif lebih berat dibanding mouse standar, sehingga ketika diletakkan di atas meja tidak mudah bergeser. Karena jengkel juga saat menggerakkan mouse ternyata mousepad-nya juga ikut geser, hehe..

3. Desain

Memang sih secara tampilan desain mousepad seperti itu-itu saja, persegi panjang dengan sisinya yang melengkung. Tapi untuk desain secara tampilan yang membedakan kentara adalah grafis pada permukaan mousepad. Desain yang sangar dengan tema gaming pasti bakal ditemui pada sebuah mousepad gaming. Tidak mungkin kamu menemukan mousepad gaming dengan grafis Mickey Mouse atau Frozen di permukannya 😀

4. Fitur

Dengan harga yang mahal, sebuah mouse gaming bisa dibekali dengan fitur keren seperti RGB. Bagaimana dengan mouse standar? Rasanya tidak mungkin ada fitur tambahan.

5. Pilihan Ukuran

Biasanya mousepad gaming memiliki beberapa ukuran untuk menyesuaikan kebutuhan gamer. Mulai yang ukurannya standar (seperti mousepad standar pada umumnya), sampai yang cukup lebar hingga lengan kamu bisa berada di atasnya. Mousepad standar bisa jadi ada yang menyediakan ukuran lebar, tapi kembali lagi ke kualitas bahannya yang jelas kualitasnya rendah.

[su_divider top=”no” margin=”5″]

Baca juga: 6 Panduan Memilih Mouse Gaming Terbaik dan Berkualitas

[su_divider top=”no” margin=”5″]

Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Mousepad Gaming

Setelah mengetahui perbedaan antara mousepad gaming dan yang standar, pastinya kamu akan semakin mantap memilih mousepad gaming kan? Tapi kalau masih ragu-ragu, maka bisa simak bagian selanjutnya di bawah mengenai alasan mengapa kamu harus menggunakan mousepad gaming:

1. Menyesuaikan Tipe Permainan

Memang sih mouse kamu bisa digunakan di permukaan apa saja seperti meja, kertas, bahkan celana jeans (siapa nih yang sering pakai mouse di paha? Hehe…). Tapi ketika dipakai di atas mousepad, jelas ada perbedaan tersendiri. Dan perbedaan itu akan semakin kentara saat kamu menggunakan mousepad gaming.

Bahan yang terdapat pada mousepad gaming memiliki permukaan yang mampu membuat mouse gaming berjalan dengan maksimal, terlebih permukaannya sangat rata sehingga sensor mouse (baik optik maupun laser) tidak akan menemui hambatan. Selain itu juga mampu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu saat bermain game.

Dilihat dari permukannya, jenis mousepad gaming dapat dibagi menjadi 2 yakni soft dan hard. Untuk mousepad gaming soft, bahan utama yang digunakan adalah kain dengan perpaduan karet, sehingga terasa empuk ketika ditekan. Mousepad jenis ini cocok untuk kamu yang gemar bermain game FPS yang membutuhkan pergerakan mouse dengan presisi (untuk headshot misalnya, hehe…).

mousepad gaming terbaik

Dipadukan dengan tingkat DPI mouse gaming yang sedang, pergerakan mouse dapat terkontrol dengan maksimal. Oleh karena itu mousepad gaming dengan permukaan soft disebut juga dengan tipe control.

Kemudian untuk mousepad gaming dengan permukaan berjenis hard, bahan utamanya adalah perpaduan antara aluminium, plastik dan karet. Dengan jenis hard (keras), maka permukaannya relatif terasa licin sehingga mengakomodasi pergerakan mouse yang cepat, sehingga cocok untuk game bergenre RTS atau MOBA.

Dari 2 jenis permukaan tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, dan tentunya hal tersebut tidak akan ditemui pada mouse standar. Jika mousepad gaming sudah sesuai dengan tipe permainan kamu, jelas main game pun bakal lebih maksimal.

2. Meningkatkan Akurasi Pergerakan Mouse Gaming

“Apakah dengan mousepad gaming lalu kita lebih mudah untuk membidik kepala musuh untuk headshot?” Pertanyaan seperti itu rasanya pasti terpikirkan oleh hampir semua gamer FPS. Permukaan mousepad gaming dirancang semaksimal mungkin agar mulus sehingga tidak memberikan gangguan saat mouse berjalan di atasnya.

Jadi bayangkan saja jika kualitas mousepad gaming yang ada tidak diragukan, mouse kamu bagai mobil yang berjalan bebas hambatan di atas jalan tol. Gerakan mouse di atas mousepad pun jadi tanpa hambatan juga dan mampu diterjemahkan oleh kursor pada layar monitor dengan akurat.

Yang perlu diperhatikan adalah jika kamu menggunakan permukaan meja atau mousepad standar, ada kemungkinan permukaan tersebut tidak benar-benar mulus atau rata. Jadi saat sensor mouse membaca permukaan yang tidak rata, feedback dari sensor yang akan diterjemahkan ke kursor pun tidak akan sempurna, dan menghasilkan gerakan kursor yang lompat-lompat.

Untuk para gamer yang cenderung menggunakan tingkat DPI rendah, maka permukaan mousepad gaming dapat membantu. Karena ketika tangan bergerak pelan saat membidik musuh, sensor optik atau laser pada mouse akan selalu konsisten membaca permukaan dengan baik, sehingga gerakan kursor pun ikut mulus tanpa hambatan.

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=tekpvjPXUio” width=”560″ height=”320″]

3. Menghindari Goresan Pada Meja

Bayangkan jika dua buah benda keras selalu bergesekan. Seiring waktu, salah satu atau keduanya pasti akan rusak secara perlahan, dalam hal ini terkikis. Jadi jika kamu terus-menerus menggerakkan mouse di atas permukaan meja, otomatis secara perlahan meja dan bagian dasar mouse secara perlahan juga terkikis.

Yang pasti adalah mulai muncul goresan-goresan pada meja, dan begitu juga glide pada mouse. Jadi sayang juga kan kalau meja kita tergores. Tapi yang lebih sayang lagi jika glide pada mouse mulai habis, karena pasti gerakannya akan semakin kasar di atas meja. Kemungkinan terburuk ya harus ganti dengan glide baru.

4. Menjaga Mouse Tidak Kotor

Ketika meja kamu kotor, otomatis serpihan kotoran bisa saja masuk ke dalam mouse melalui lubang sensor yang terdapat di bagian bawah mouse. Yang namanya kotoran tentu saja bisa merusak mouse itu sendiri, terlebih jika lama-kelamaan kotoran menumpuk di dalam mesin mouse.

Dengan adanya mousepad, maka debu yang masuk ke dalam mouse bisa diminimalisir, dengan catatan permukaan mousepad juga harus bersih. Tapi untungnya sebagian besar mousepad gaming sangat mudah dibersihkan, bahkan ada juga yang bisa dicuci.

mousepad gaming terbaik

5. Menjaga Keyboard Tidak Mudah Bergeser

Memang ada keyboard ada hubungannya dengan mousepad? Ya ada lah cuy… Beberapa mousepad gaming hadir dengan ukuran yang cukup lebar hingga dapat menjadi penampang atau alas dari keyboard-mu.

Kemudian rata-rata mousepad gaming yang baik sudah dibekali dengan alas anti-slip sehingga dapat menempel di permukaan meja dengan erat. Dengan begitu jika kamu menggunakan mousepad gaming yang lebar, keyboard pun tidak akan mudah bergeser, apalagi kalau kamu main game-nya ekstrem, hehe…

6. Supaya Terlihat Keren

Yes, alasan apa lagi yang paling masuk akal kalau bukan terlihat keren? Hehe. Bercanda sih cuy… Tapi kalau kamu pakai mousepad RGB yang nyala-nyala gitu pasti bikin kurang keren apa coba? 😀

Setelah membaca artikel di 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Mousepad Gaming di atas, menurutmu apakah masih memerlukan mousepad gaming? Mungkin kamu akan merasa belum membutuhkannya karena masih nyaman menggunakan mousepad atau alas meja yang sekarang. Tapi jika kamu menggunakannya, maka mouse dan mejamu akan berterimakasih banyak, hehe…

Hubungi Kami

, , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp