Cara Tepat Mengetahui Password WiFi Android

27 July 2018 - Kategori Blog

[su_spacer]
cara mengetahui password wifi android

Saat kita mendatangi berbagai tempat seperti cafe, rumah, kantor yang dimana tempat tersebut memiliki koneksi WiFi, secara otomatis gadget Android kita sudah menyimpan password dari koneksi WiFi yang ada. Lalu bagaimana jika tiba-tiba lupa? Maka kita harus mencari cara mengetahui password WiFi tersebut. Bisa dibilang kita akan membobol WiFi. Seru kan? Hehe..

Berbeda dengan di laptop yang caranya lebih mudah, cara mengetahui password di Android membutuhkan usaha yang ekstra, mengingat secara default sistem operasi tidak memberikan opsi tersebut.

Untuk mengetahui password WiFi Android, terdapat dua cara, yakni dengan dan tanpa root. Jika smartphone atau tablet kamu sudah memiliki akses root, maka caranya lebih cepat. Sedangkan jika belum di-root, maka langkahnya sedikit lebih panjang. Ok kalau begitu berikut penjelasan kedua cara yang ada.

Cara Mengetahui Password WiFi Android dengan Root

Jika gadget sudah memiliki akses root, maka caranya lebih mudah karena kamu hanya tinggal download dan instal aplikasi untuk mengetahui password WiFi Android. Di Play Store sendiri cukup banyak aplikasinya, namun TheLapak menyarankan untuk menggunakan aplikasi WiFi Key Recovery. Selain mudah digunakan, ukuran installernya juga kecil. Berikut caranya.
1. Cari dan download aplikasi WiFi Key Recovery di Google Play Store.
2. Saat berjalan pertama kali, maka aplikasi akan meminta akses root. Berikan dan aplikasi akan langsung aktif.
3. Sejurus kemudian aplikasi akan langsung menampilkan daftar SSID (nama hotspot) berikut passwordnya (dalam kolom psk).

cara mengetahui password wifi android
4. Jika daftarnya terlalu banyak, kamu bisa menggunakan fasilitas pencarian berdasarkan nama SSID. Sangat mudah bukan?

[su_divider top=”no” margin=”5″]

Baca juga: Trik Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

[su_divider top=”no” margin=”5″]

Cara Mengetahui Password WiFi Android Tanpa Root

Bagaimana jika gadget kita belum di-root? Ada beberapa trik yang dapat kamu coba. TheLapak akan menjelaskannya dalam dua kondisi, yakni jika gadget kamu telah dan tanpa di-root.

Trik Pertama Mengetahui Password WiFi Android Tanpa Root

Untuk catatan, trik pertama ini hanya berlaku untuk beberapa smartphone. Syarat lainnya adalah smartphone harus terhubung ke jaringan WiFi terlebih dahulu. Di sini kita akan menggunakan fitur share password WiFi. Setelah itu smartphone atau tablet lain akan dapat terhubung ke jaringan WiFi setelah mendapatkan informasi login dari smartphone kita.
1. Akses menu pengaturan WiFi pada smartphone. Kemudian tap nama jaringan WiFi tempat smartphone terhubung.

cara mengetahui password wifi android
2. Jika smartphone kamu mendukung fitur WiFi, maka akan muncul opsi “Tap to share password”. Pilih opsi tersebut.

cara mengetahui password wifi android

3. Maka akan muncul kode QR.

cara mengetahui password wifi android
4. Untuk terhubung ke jaringan WiFi yang sama, instal dan gunakan aplikasi Barcode Scanner pada smartphone satunya. Scan dan smartphone akan terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

cara mengetahui password wifi android

Trik Kedua Mengetahui Password WiFi Android Tanpa Root

Kemudian di cara kedua, kita membutuhkan bantuan berupa informasi login dari router jaringan. Jika kita dapat mengakses pengaturan router, logikanya kita dapat mengakses informasi nama hotspot (SSID) berikut password. Sebagai catatan, di sini kita perlu info username dan password dari router. Jika kamu mengetahuinya, maka langkah ini dapat langsung dilakukan.
1. Buka browser, misalnya Chrome. Kemudian akses alamat 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Keduanya merupakan default dari alamat kebanyakan router. Jika router kamu tidak menggunakan salah satu dari alamat tersebut, silakan lihat di petunjuk penggunaan.
2. Setelah dapat mengakses alamat router, maka silakan login. Untuk informasi login, default dari kebanyakan router adalah:
Username: admin
Password: admin

cara mengetahui password wifi android
3. Halaman pengaturan router pun akan terbuka. Di sini kita dapat melihat informasi pengaturan WiFi. Cari menu Wireless>Wireless Security (beda merk router beda menu, tapi rata-rata pada bagian Wireless Security).
4. Selanjutnya tinggal cari bagian Password, dan password pun ditampilkan.

cara mengetahui password wifi android

Trik Ketiga Mengetahui Password WiFi Android Tanpa Root

Di trik ketiga ini kita akan menggunakan bantuan PC atau laptop. Selain itu kita perlu menginstal ADB driver (download di sini) serta tool berupa Minimal ADB dan Fastboot (download di sini). Berikut langkah jelasnya.
1. Langkah pertama adalah kita perlu mengaktifkan Developer Options pada smartphone. Caranya akses menu Settings dan cari bagian About Phone (biasanya di bagian paling bawah).

cara mengetahui password wifi android
2. Lanjut cari bagian Build Number. Tekan bagian tersebut sekitar 5-6 kali hingga muncul pesan “You are now a developer.”

cara mengetahui password wifi android
3. Akses Developer Options dan aktifkan menu “Android/USB debugging.”

cara mengetahui password wifi android
4. Selanjutnya kita beralih ke PC atau laptop. Setelah menginstal ADB driver, Minimal ADB dan Fastboot, buka folder tempat dimana kita telah menginstal tool tersebut. Defaultnya adalah di C:\windows\system32\platform_tools.
5. Arahkan kursor pada folder platform_toos. Sambil menahan tombol Shift pada keyboard, klik kanan folder tersebut dan pilih opsi “Open Command Window here.”

cara mengetahui password wifi android
6. Kemudian kita akan mengetes apakah ADB telah berjalan sempurna. Untuk itu hubungkan smartphone dengan PC atau laptop menggunakan kabel data. Pada command prompt, ketikkan adb services dan tekan Enter. Jika koneksi benar, maka gadget kita akan muncul di daftar.

cara mengetahui password wifi android
7. Setelah semua siap, di sini kita akan mulai mencari file berisi password WiFi. Gunakan perintah ini pada command prompt: adb pull /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf c:/wpa_supplicant.conf.
8. Perintah tersebut akan mengambil file bernama wpa_supplicant.conf dan meletakkannya di drive C.
9. Cari file tersebut pada drive C dan buka dengan aplikasi Notepad. File tersebut berisi informasi berbagai hotspot dimana smartphone kamu pernah terhubung, berikut dengan informasi password-nya.

cara mengetahui password wifi android

Dari total keempat cara mengetahui password WiFi Android di atas, cara pertama jelas paling mudah untuk dilakukan. Tapi jika smartphone kamu belum di-root, mau tidak mau memang harus menggunakan 3 trik lainnya yang langkahnya lebih panjang. Tak masalah tentunya karena yang penting password WiFi didapatkan.

, , , , ,

 
Chat via Whatsapp