• Status Order
  • Tlp: 031-5966426
  • SMS/WA: 089664552551
  • info@thelapak.com
Terpopuler:

Mengenal Dropship: Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

16 March 2018 - Kategori Blog

mengenal dropship

 

Tanpa Modal , Penghasilan Berlipat

Pergeseran jaman membawa tren baru pada profesi seseorang. Jika dulu sebuah profesi pegawai kantoran dianggap sebagai sebuah status kemapanan, maka sekarang hal tersebut telah berubah.

Dewasa ini banyak sekali anak muda yang melirik status pengusaha sebagai profesi. Selain karena penghasilan yang mampu bersaing dengan pegawai kantoran (bahkan lebih), seorang pengusaha dapat bekerja dimana saja dan tidak terikat dengan waktu. Namun untuk menjadi sebuah pengusaha, alasan klasik masih menghantui, yakni modal.

Dulu, sebelum mendirikan sebuah usaha, seseorang harus menyiapkan modal yang cukup banyak. Mulai dari modal untuk memproduksi barang, toko untuk berjualan, hingga memasang iklan di media cetak atau media massa. Karena jumlah modal yang harus disiapkan sangat besar, banyak sekali orang yang pupus harapannya untuk menjadi pengusaha.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik per 2017, jumlah pengusaha di Indonesia hanya 3,1% dari total populasi. Sebuah persentase yang sangat sedikit dibandingkan negara lainnya. Namun persentase tersebut akan mulai meningkat semakin tingginya tren masyarakat berbelanja online. Apa hubungannya?

Sebuah sistem baru yakni dropship memungkinkan seseorang untuk menjadi pengusaha tanpa harus memiliki modal. Dengan begitu seorang dropshipper tidak dituntut untuk memiliki toko fisik dan memproduksi barang. Hal inilah yang membuka jalan seseorang untuk menjadi pengusaha, dalam hal ini dropshipper.

Hanya dengan bermodalkan koneksi internet, seorang dropshipper sudah mampu membuka toko online dan melakukan promosi dengan media sosial yang tentunya gratis. Hal inilah yang menarik perhatian seseorang untuk menjadi dropshipper, seiring dengan meningkatnya transaksi jual beli online.

Cara Kerja Sistem Dropship

Pada dasarnya, sistem dropship memungkinkan kita untuk menjual produk tanpa harus memiliki produk. Bagaimana bisa? Sangat bisa karena yang dijual adalah produk milik supplier atau distributor. Peran seorang dropshipper adalah “penghubung” antara supplier dan buyer (pembeli).

Sebagai dropshipper, kita akan bertugas untuk memasarkan produk milik supplier. Caranya pun berbagai macam. Yang paling umum adalah berjualan di toko online (marketplace) atau media sosial seperti Facebook dan Instagram. Setelah pesanan diterima, maka dropshipper akan menghubungi supplier untuk membayar barang sesuai harga awal yang sudah disepakati.

mengenal dropship

Selanjutnya supplier akan mengemas dan mengirim barang tersebut ke alamat pengirim atas nama dropshipper (kita). Kemudia detail resi pengiriman akan diinformasikan ke dropshipper untuk diteruskan ke buyer.

Lantas dari mana dropshipper mendapatkan keuntungan? Sebagai dropshipper, maka kita akan mendapatkan harga khusus dari supplier, yang tentunya lebih rendah dari harga retail. Selisih antara harga jual ke buyer dengan harga beli dari supplier inilah yang menjadi profit dropshipper. Menarik bukan? Seorang dropshipper dapat memperoleh profit tanpa modal berupa barang.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Dibandingkan dengan seorang pengusaha bermodal besar, terdapat keuntungan menjadi seorang dropshipper tanpa modal, yakni:
1. Tidak perlu mengeluarkan modal untuk memproduksi barang.
2. Tidak perlu gudang untuk menyimpan barang.
3. Tidak perlu mengemas barang yang dijual.
4. Tidak perlu memiliki toko.
5. Tidak perlu membayar pegawai.

Sistem Reseller

Selain dropshipper, terdapat juga sistem lain yang tidak jauh beda, yakni reseller. Bedanya terdapat pada stok barang, dimana kita sebagai reseller harus menyediakan barang terlebih dahulu dengan cara mengambil (membeli) barang dari supplier untuk disimpan atau stok. Sistem ini cocok bagi kita yang memiliki banyak modal namun tidak memiliki/memproduksi barang sendiri.

mengenal dropship

Jika menjadi seorang reseller, kita memang harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk stok barang. Akan tetapi harga yang didapatkan bisa lebih rendah karena kita membelinya secara grosir. Dengan begitu profit yang didapatkan pun bisa lebih tinggi. Selain keuntungan yang lebih tinggi, seorang reseller juga dapat menjual barang secara offline karena memiliki fisik barangnya.

Keuntungan Menjadi Reseller

Sebagai seorang reseller pastinya terdapat beberapa keuntungan, seperti:
1. Secara umum, profit yang didapatkan lebih besar dibandingkan menjadi dropshipper karena mendapat potongan harga yang lebih besar dari supplier.
2. Menjual barang pun lebih leluasa karena memiliki stok barang sendiri, sehingga tidak bergantung sepenuhnya pada supplier.
3. Karena memiliki stok barang, maka kita dapat mengetahui secara pasti detail dari barang tersebut, khususnya barang tersebut tersedia atau tidak.
4. Selain menjual secara online, kita dapat menjual barang secara offline.

Bergabung Menjadi Reseller Dropshipper di TheLapak.com

Setelah mengetahui berbagai keuntungan di atas, mari bergabung sebagai reseller/dropshipper di TheLapak.com. Berbagai keuntungan sudah menanti Anda seperti:
1. Profit margin menarik.
2. Barang berkualitas.
3. Tanpa minimal order.
4. Group reseller/dropshipper untuk update produk terbaru
5. Tips sukses penjualan bagi reseller/reseller

Bagaimana? Setelah membaca artikel Mengenal Dropship: Peluang Bisnis Online Tanpa Modal  di atas, pastinya Anda semakin bersemangat untuk mulai menjadi pengusaha bukan? Untuk bergabung sebagai dropshipper atau reseller dari TheLapak, langsung saja kunjungi halaman RESELLER DROPSHIP.

, ,