• Status Order
  • Tlp: 031-5966426
  • SMS/WA: 089664552551
  • info@thelapak.com
Terpopuler:

Kabel Data iPhone Cepat Rusak? Ini 7 Tips Merawatnya

04 April 2018 - Kategori Blog
Tips Merawat Kabel Data iPhone Lightning

Sumber: appdigg.ru

Kabel Data Rawan Rusak, Perhatikan Penggunaannya

Sejauh ini, sudah berapa banyak kabel data iPhone yang sudah pernah kamu beli? Kalau kamu sudah cukup lama memiliki iPhone, kemungkinan besar kabel bawaan kondisinya sudah memprihatinkan, hehe..

Banyak sekali pengguna iPhone yang sangat menyayangkan mengapa kabel datanya cepat sekali rusak, dengan kasus yang sering terjadi adalah putusnya kabel pada bagian sambungan dengan kepala atau konektor. Alasan utamanya adalah Apple memutuskan untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan (sehingga mudah didaur ulang) untuk kulit kabel, jadi memang ketahanannya sedikit kurang.

Menggunakan saja tentunya tidak cukup, karena kita juga harus merawatnya dengan tepat. Jika merawat dan menggunakannya sudah benar, setidaknya kerusakan pada kabel data iPhone bisa dihindari. Simak cara merawatnya di bawah ini dengan benar, karena bisa jadi selama ini kabel data rusak justru karena kebiasaan buruk kita sendiri lho…

1. Gulung dengan Benar

Satu cara yang sering digunakan untuk menyimpan kabel adalah dengan menggulungnya. Dengan menggulung, maka kabel akan menjadi lebih pendek dan tentunya tidak memakan ruang saat disimpan. Tapi tahukah kamu jika cara menggulung yang tidak tepat menjadi salah satu penyebab kerusakan kabel?

Di dalam sebuah kabel terdapat serat-serat tembaga yang ditutupi oleh kulit sebagai pelindung. Jika cara menggulung kabel salah, maka serat-serat tersebut dapat patah dan hasilnya kabel data tidak dapat digunakan lagi. Kerusakan ini terjadi di dalam kabel, sehingga banyak yang tidak menyadarinya karena tidak ada cacat fisik jika dilihat dari luar.

Tips Merawat Kabel Data iPhone Lightning

Sumber: apple.com

Lalu bagaimana cara menggulung kabel data yang tepat? Satu hal yang pasti adalah jangan sampai ditekuk. Jika sampai tertekuk (apalagi sampai kencang), bisa dipastikan usia kabel data tidak akan bertahan lama karena serat tembaga di dalamnya akan patah.

Cara yang paling aman adalah menggulung kabel data dengan bentuk lingkaran seperti yang ditunjukkan pada foto. Terakhir, ikat gulungan dengan pengikat yang praktis seperti velcro. Dengan gulungan seperti ini, maka serat tembaga tidak akan sampai terlipat. Memang kabel akan tidak terlalu praktis saat disimpan di dalam tas, tapi setidaknya lebih tahan lama.

2. Tambahkan Pelindung

Banyak hal yang dapat merusak kulit kabel, entah itu tergores, tersangkut dan lainnya. Cara mengatasinya mudah saja, cukup menggunakan aksesoris berupa pelindung kabel (cable protector) yang dapat ditemui di berbagai toko aksesoris gadget.

Tips Merawat Kabel Data iPhone Lightning

Sumber: joom.com

Bentuk dari cable protector ini mirip seperti kabel berulir yang ada pada pesawat telepon rumah, hanya saja ukurannya lebih kecil dan teksturnya keras. Cara memasangnya pun mudah dan tidak perlu lem sehingga bisa mudah dilepas kapanpun. Selain itu warnanya juga bermacam-macam sehingga dapat mempercantik tampilan kabel. Harganya pun cukup murah, per bijinya ada yang tak sampai 2000 rupiah. Biasanya ada yang dijual per biji, ada juga yang dijual 1 paket berisikan beberapa biji.

Ada juga jenis cable protector yang fungsinya akan menutupi sambungan antara kabel dengan bagian kepala, sehingga memastikan sambungan tersebut akan selalu kuat.

3. Jangan Tarik Kabel!

Seberapa sayangkah kamu dengan kabel data? Hal ini bisa dilihat dari caramu menarik atau mencabut kabel, hehe… Jika kamu masih mencabut dengan cara menarik pada bagian kabelnya, maka bisa dijamin tinggal tunggu waktu saja hingga kabel rusak. Cara mencabut kabel yang benar adalah dengan memegang lalu menarik pada bagian kepala atau konektornya.

Karena jika kepala kabel sedang terpasang dengan erat pada laptop atau adapter charger lalu kabel ditarik dengan kuat, maka bagian yang rawan putus adalah sambungan antara kabel dengan kepalanya. Bisa jadi secara fisik tidak ada yang putus pada sambungan tersebut, tapi di bagian dalamnya kemungkinan besar serat tembaganya sudah putus.

Tips Merawat Kabel Data iPhone Lightning

Sumber: apple.com

4. Beberapa Kabel untuk 1 iPhone

Jika kamu ada dana lebih, maka bisa mempertimbangkan membeli lebih dari satu kabel data, misalkan 1 untuk di rumah, 1 untuk di kantor dan 1 lagi untuk dibawa bepergian. 3 buah kabel yang digunakan secara bergilir tentunya akan lebih awet dibandingkan dengan 1 kabel yang digunakan terus-menerus.

Baca juga: 7 Tips Jitu Memilih Kursi Gaming

5. Perkuat Kabel dengan Modifikasi

Kita bisa juga lho memodifikasi kabel data sehingga membuatnya menjadi lebih kuat dan tidak mudah putus jika ditarik. Cara paling mudah adalah dengan membalut bagian sambungan kabel dengan kepalanya menggunakan isolasi listrik (dapat dibeli di toko listrik).

Selain itu terdapat beberapa cara lain yang dapat dicoba, seperti menambahkan per pulpen pada bagian ujung kabel, membalut kabel dengan tali, atau menggunakan shrink tube sleeve berupa insulasi yang akan menempel kuat lalu melindungi kabel . Selain kuat, kabel pun bisa tampak lebih keren lho.

Tips Merawat Kabel Data iPhone Lightning

Sumber: makemac.com

6. Jangan Gunakan iPhone Sambil Charge Baterai

Selain baterai, ternyata kebiasaan menggunakan iPhone sambil men-charge baterai juga dapat berpotensi merusak kabel data. Ada baiknya iPhone sama sekali tidak digunakan saat pengisian baterai sedang berjalan. Yang pasti baterai akan cepat rusak karena daya input dan output yang tidak sebanding, terlebih jika digunakan untuk aktifitas yang berat seperti bermain game.

Kabel sebagai media penghantar listrik antara sumber daya dengan iPhone juga akan bekerja lebih berat sehingga menyebabkan umurnya pun menjadi lebih pendek.

7. Pastikan Pin Kabel Bersih

Sudah menyambungkan kabel data ke iPhone atau iPad tapi ternyata tidak ada reaksi apa-apa? Bisa saja pin pada konektor kabel kotor. Hal ini mudah terjadi mengingat pin pada konektor kabel Lightning terbuka dan tidak ada pelindungnya.

Sebagai pencegahan, pastikan tidak meletakkan kabel di sembarang tempat, terlebih tempat yang kotor. Jika sedang dibawa bepergian, simpan kabel data di tempat khusus seperti dompet atau tas kecil beserta aksesoris gadget lainnya.

Tips Merawat Kabel Data iPhone Lightning

Sumber: 9to5mac.com

Dengan merawatnya secara tepat, maka kabel data bisa lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain itu ingat juga kalau kita juga harus memperlakukannya secara benar, mulai dari saat mencabut, menggulung, hingga menyimpannya. Jika kabel data awet, uang kita di dompet juga awet bukan? 🙂

Kalaupun dana sudah menipis dan butuh banget beli kabel data untuk iPhone, kamu bisa melirik berbagai kabel data di thelapak.com ini. Selain harganya lebih terjangkau ketimbang beli di toko resmi, kualitasnya juga bisa bersaing.

Kabel Data iPhone Lightning Remax Silver Serpent 1 Meter Garansi Resmi
Support Fast Charging & Gold Plating Connector

Rp 70.000

 

, , , ,