Bank Asal Swiss ini Pecat 6000 Karyawan dan Beralih Ke Robot

30 July 2018 - Kategori Blog

Ditengah santernya berita bahwa robot akan menggantikan pekerjaan manusia, nampaknya terbukti dengan adanya berita terbaru di industri keuangan.

Adalah sebuah bank asal Swiss, NORDEA, baru-baru ini mengumumkan aksi korporasi perusahaannya dengan memecat 6000 orang karyawan dengan alasan efisiensi serta menggantinya dengan teknologi otomasi / robot.

CEO Nordea Bank, Von Koskull mengatakan saat diwawancara oleh Bloomberg London, bahwa pemecatan ini adalah langkah yang harus diambil demi tetap eksis di industri keuangan. “Industri ini berubah, dan kedepan semua akan memerlukan lebih sedikit orang dan melibatkan banyak teknologi demi efisiensi”.

Sang CEO mengatakan bahwa ini Nordea telah mengubah fondasi perusahaannya menjadi sebuah organisasi finansial berbasis digital. Semua yang dapat diotomatiskan akan dibuat sistemnya menjadi otomatis.

Keputusan ini terbilang tepat, karena setelah pemecatan tersebut dan beralih ke teknologi, Nordea membukukan laba tahunan sebesar 31% di akhir tahun, setelah 3 quarter sebelumnya terus merugi. Melihat performa ini bank lain di Swedia mulai mengikuti langkah Nordea untuk segera menerapkan digitalisasi untuk menghemat pengeluaran.

Jadi jika tahun-tahun kedepan, tidak usah kaget jika kamu masuk ke sebuah bank dan mungkin ternyata tidak ada seorangpun disana. Hanya ada mesin, ATM, robot customer service, dan robot cleaning, serta robot-robot lainnya.

Kok bisa ya robot bisa menggantikan manusia?

Jawabannya adalah teknologi AI atau Artificial Intellegence alias Kecerdasan Buatan guys.

Robot akan diberikan data atau dilatih untuk menggantikan apa yang biasanya dikerjakan oleh manusia.

Oh ya jangan bayangin robot mesti punya kepala, tangan, kaki ya..seperti di TV…tapi disini lebih seperti si Jarvis-nya Tony Stark..yang pinter disuruh-suruh.

Jadi kalau robot menggantikan manusia, manusia kerja apa dong?

 

, ,