8 Tips Main Game Seharian Anti Lelah

24 May 2018 - Kategori Blog

 

kursi gaming

Kamu gamer? Jika iya berapa jam kamu menghabiskan waktu untuk bermain game? Jawabannya pasti bermacam-macam, ada yang sekedar mengisi waktu dengan lama bermain 30 menit sampai 1 jam, tapi ada juga yang “hardcore” sampai semalam suntuk. Kamu termasuk yang mana nih?

Mau main game PC atau main game mobile pakai smartphone, satu-satunya hal yang sama adalah keduanya dimainkan sambil duduk (engga tau lagi kalo kamu main game sambil jalan-jalan, hehe…). Walaupun sambil duduk, ngegame dalam waktu lama pasti badan akan terasa lelah. Mulai leher, punggung, pinggang, hingga kaki. Kalau diabaikan, justru akan menjadi bahaya karena efeknya bermacam-macam mulai cedera hingga kematian!

Jadi kalau kamu masih bermain game hingga lupa waktu sampai-sampai setelah selesai main seluruh badan pegal-pegal semua, harus baca artikel di bawah ini sampai tamat supaya bisa tahu bagaimana cara untuk menghindari kelelahan.

Abaikan Lelah, Resiko Kesehatan Mengancam

Kelelahan merupakan alarm bahwa badan kita sudah mencapai batasnya. Tapi masalahnya banyak juga gamer yang mengabaikan hal tersebut dengan alasan yang bermacam-macam. Secara logika, salah satu sisi positif dari bermain game adalah untuk menghibur diri dan sejenak melepas kepenatan. Tapi kalau dilakukan secara berlebih, justru muncul efek negatif, dalam hal ini kelelahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini agar tidak lelah dalam bermain game

1. Menggunakan Kursi Gaming

Salah satu faktor yang menyebabkan kita cepat lelah saat duduk ketika bermain game adalah posisi yang tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan kursi gaming.

kursi gaming

Kursi ini memiliki keunggulan tersendiri bagi para penggunanya, yakni agar merasa terus nyaman ketika bermain game. Walaupun harganya cukup mahal, nyatanya masih banyak peminat yang memilih kursi ini sebagai alat penunjang permainan. Bukan tanpa sebab, hal tersebut karena kursi khusus ini dianggap mampu mengurangi rasa lelah yang biasanya menyerang ketika gamer terlalu lama bermain karena didesain sedemikian rupa untuk menopang postur tubuh secara maksimal.

Akan tetapi, bukan berarti kalau sudah punya kursi gaming lantas bisa ngegame selama 24 jam non-stop, karena kamu tetap dianjurkan untuk beristirahat terlebih dahulu selama beberapa menit agar tidak mengganggu kesehatan tubuh lainnya, terutama mata.

Baca juga: 7 Tips Jitu Memilih Kursi Gaming

2. Sejajarkan Kepala dengan Layar Monitor

Tips yang satu ini sangat disarankan karena efektif dalam mengurangi rasa lelah ketika bermain game, khususnya game di PC atau laptop. Posisi kepala yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dari layar monitor komputer akan membuat tubuh menjadi cepat lelah, terutama bagian leher. Dijamin leher akan terasa sangat pegal ketika sedang bermain dengan posisi yang salah.

Untuk layar monitor PC, kebanyakan memang ketinggiannya tidak dapat diatur. Solusinya adalah dengan mengatur ketinggian meja atau kursi. Jika kamu punya kursi gaming, maka ketinggian posisi duduk dapat diatur.

Kemudian jika kamu main game di smartphone atau tablet, ada baiknya tidak dalam posisi menunduk dalam waktu lama, karena leher dan bahu sangat berpotensi untuk lelah. Sambil duduk kamu bisa memposisikan smartphone atau tablet setidaknya hampir sejajar dengan mata. Selain itu, pastikan juga posisi gadget tidak terlalu dekat dengan mata.

kursi gaming

3. Ruangan dengan Sirkulasi yang Baik

Selain kursi gaming, ternyata sirkulasi udara yang baik juga dapat mengurangi rasa lelah. Adanya sirkulasi yang mampu mengalirkan udara ke seluruh ruangan dianggap mampu mengatasi kelelahan. Karena sirkulasi yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan prima. Bahkan, juga dianjurkan untuk meletakkan komputer di dekat atau di depan jendela, dengan catatan aliran udaranya juga baik.

4. Jangan Mudah Terbawa Suasana

Tips ini mengajarkan agar kamu selalu mengontrol atau mengendalikan diri, sehingga tidak akan sampai mengalami kecanduan dalam bermain game. Sudah banyak contoh yang berakibat fatal karena terlalu terbawa suasana sehingga ujung-ujungnya main game tanpa kenal waktu. Seyogyanya, game hanya bersifat hiburan semata jika kamu dapat mengendalikan waktu dengan baik.

Ketika kamu menyukai sebuah game, hal itu cenderung seperti candu yang mengharuskan kamu untuk terus memainkannya sepanjang waktu. Hal ini bukan hanya berdampak pada psikis seseorang saja, tetapi juga pada kehidupan sosialnya juga. Untuk itu, usahakanlah agar tidak terbawa suasana dan emosi ketika bermain game. Lucu juga kan kalau tujuannya ngegame untuk refreshing, tapi malah marah-marah karenanya, hehe…

5. Posisi Kaki yang Benar

Ternyata, posisi kaki juga bisa membuat badan kita cepat lelah lho. Posisi kaki yang benar ketika bermain game adalah dengan posisi kaki yang lurus serta menapak lantai. Jangan biarkan kaki kamu terjuntai terlalu lama, karena akan berdampak pada peredaran darah yang tidak lancar.

Inilah mengapa kursi gaming sangat dianjurkan untuk digunakan, karena kursi ini sudah pasti memiliki pengaturan sendiri untuk posisi kaki agar selalu nyaman ketika bermain. Rata-rata kursi gaming juga memiliki pengaturan tinggi rendah posisi duduk sesuai kenyamanan yang kamu perlukan.

Hubungi Kami

6. Bangkit Sejenak dari Kursi

Hal ini penting untuk menjaga badan kamu tetap bugar. Terkadang, bermain game terlalu lama juga dapat menguras tenaga. Jika kamu sudah merasa cukup lelah, tetapi masih ingin bermain menggunakan kursi gaming, maka lakukanlah tips berikut ini:

Langkah pertama, ‘pause’ terlebih dahulu game yang dijalankan (kalau game online ya silakan log out terlebih dahulu). Kemudian, bangkit sejenak dari kursi lalu lakukan peregangan pada otot dan persendian. Setelah itu, kamu dapat mengalihkan pandangan dari layar monitor untuk menyegarkan kembali mata yang sudah cukup lelah karena lama menatap layar. Lakukan hal ini setidaknya 15-20 menit atau hingga kamu merasa sudah lebih nyaman untuk bermain lagi.

kursi gaming

7. Tidur yang Cukup

Semahal apapun kamu membeli kursi gaming, penggunannya saja tidak cukup untuk mengatasi rasa lelah ketika bermain game di depan komputer. Bermain game juga harus diimbangi dengan tidur yang cukup. Jangan sampai game membuat kamu jadi kesulitan untuk tidur. Dan jika kurang tidur, jelas ancaman berbagai penyakit sudah menghantui.

Waktu tidur yang dianjurkan adalah sekitar 7-8 jam per hari. Usahakan untuk mengikuti anjuran tersebut agar kondisi tubuh selalu terjaga. Akan lebih baik lagi jika kamu mengkombinasikannya dengan olahraga yang teratur.

8. Batasi Waktu untuk Bermain Game

Tips yang terakhir ini memang tips yang cukup sulit untuk diterapkan, terutama bagi mereka yang sudah kecanduan terhadap sebuah game. Perlu diingat, bahwa game bersifat hiburan, sehingga akan menimbulkan masalah ketika dilakukan melewati batas yang seharusnya.

Membatasi waktu untuk bermain game adalah tips yang sangat efektif agar kondisi badan menjadi optimal. Dengan kondisi optimal, maka dapat dipastikan kamu tidak akan merasa cepat lelah ketika bermain game nantinya. Dengan membatasi diri, maka kesehatan tubuh jelasnya tidak akan terganggu karena terlalu lama ngegame.

kursi gaming

Pada dasarnya, kesehatan tubuh adalah yang paling utama untuk dijaga. Kita boleh-boleh saja menghibur dengan bermain game, asalkan memperhatikan waktu dan dapat mengendalikan emosi dengan sebaik mungkin.

Jagalah pikiran agar tidak selalu terpaku untuk bermain game saja, karena hal itu mengindikasikan bahwa kamu telah mengalami kecanduan. Kecanduan pada game sendiri sangat berdampak negatif hampir pada semua sisi, baik itu dari sisi kesehatan maupun sisi psikis.

Semoga 8 Tips Main Game Anti Lelah ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi yang efektif untukmu. Tips yang paling menguntungkan dan juga memberikan keunggulan lebih adalah dengan menggunakan kursi gaming.

Kursi khusus bermain game ini sudah didesain sedemikian rupa mengikuti bentuk tubuh manusia, sehingga akan sangat nyaman ketika diduduki. Kursi yang satu ini juga memiliki sandaran yang sangat empuk yang memungkinkan posisi tubuh kamu untuk bersandar ketika bermain game.

Sandaran tersebut juga berfungsi agar tubuh tidak selalu berada pada posisi tegap yang dapat menegangkan otot-otot tubuh yang menyebabkan tubuh menjadi pegal-pegal dan cepat lelah. Bahkan, ada pula kursi gaming yang dapat dibaringkan hingga 180 derajat hingga bisa dipakai untuk tiduran.

, , , ,