7 Tips Membersihkan Keyboard Gaming Mechanical

31 May 2018 - Kategori Blog

 

Keyboard gaming merupakan salah satu “amunisi” para gamer untuk ngegame dengan maksimal. Selain mouse, mousepad dan kursi gaming, peran keyboard gaming sangat penting mengingat hardware ini merupakan sarana kita untuk menginputkan perintah yang diterjemahkan ke dalam aksi game. Jadi jangan sampai keyboard macet tiba-tiba saat lagi hot-hotnya ngegame.

Banyak hal yang dapat membuat keyboard gaming macet saat digunakan, dan kadang masalahnya sepele, yakni gara-gara kotor. Sekarang coba jawab, dari pertama kali beli keyboard gaming, sudah berapa kali kamu membersihkannya? Jawaban rata-rata adalah: tidak pernah dibersihkan sama sekali! 😀

Keyboard gaming merupakan sebuah piranti elektronik, jadi wajar saja jika kotoran atau debu dapat membuatnya mogok bekerja. Jadi sebagai seorang gamer, kamu tidak hanya harus jago dalam bermain saja cuy, tapi harus jago merawat hardware, dan keyboard ini merupakan salah satunya. Kebayang juga kan kalau sudah beli keyboard mechanical mahal-mahal tapi justru macet hanya karena kamu jarang membersihkannya.

7 Langkah Mudah Membersihkan Keyboard Gaming Mechanical Agar Awet

Sebenarnya langkah-langkah membersihkan keyboard gaming itu termasuk mudah kok, peralatannya pun juga tidak mahal-mahal amat. Tapi ada satu hal utama yang paling penting, yakni niat. Yup, kadang kita sudah menyadari bahwa keyboard sudah terlihat kotor, tapi masih malas untuk membersihkannya.

Tahukah kamu kalau sebuah penelitian menemukan bahwa setidaknya terdapat 7.500 jenis bakteri yang ditemukan dalam sebuah keyboard. Jumlah ini 200 kali lebih banyak dibandingkan yang ditemukan pada sebuah dudukan toilet. Jadi bayangkan saja jika kamu tidak pernah membersihkan keyboard gaming, sama saja dengan memelihara bakteri! Ok, kalau begitu inilah 7 langkah mudah yang dapat kamu lakukan.

1. Siapkan Peralatan untuk Membersihkan

Sebelum mulai membersihkan, tentu kamu harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu. Beberapa peralatan yang harus perlu dipersiapkan tidaklah terlalu banyak dan mudah dicari. Kamu bisa menyiapkan peralatan seperti kain lap halus, sikat berukuran kecil, dan juga cairan pembersih apabila jika ada. Kemudian untuk melepas tombol keyboard, bisa menggunakan keycap puller (bisanya disediakan pada paket penjualan keyboard).

Selain peralatan di atas, kamu bisa menggunakan alat yang namanya magic gel. Harganya tidak mahal-mahal amat kok, kurang lebih Rp 10.000. Magic gel akan membuat debu yang menempel pada keyboard gaming mechanical dapat menempel dengan mudah. Selain itu gel dapat masuk ke dalam celah keyboard, sehingga kotoran dapat terangkat maksimal.

Selain menggunakan magic gel, kamu juga bisa menggunakan mini vacum cleaner untuk keyboard. Mini vacuum cleaner ini memiliki bulu sikat yang halus sehingga dapat menghisap debu yang sulit untuk dijangkau. Menariknya mini vacuum cleaner ini sumber tenaganya ada yang melalui port USB. Selain itu ukurannya yang kecil juga membuatnya mudah untuk disimpan.

2. Cek Kebersihan Keyboard Secara Rutin

Bagaimana kita tahu jika keyboard gaming kotor? Ya harus dicek rutin cuy. Tapi sarannya sih seminggu sekali setidaknya kamu harus mengecek keyboard. Hal ini diperlukan agar kamu mengetahui seberapa banyak kotoran yang ada pada keyboard tersebut.

Pertama-tama kamu bisa melepas keyboard dari port USB atau PS/2komputer. Lalu balik tersebut dan pukul-pukul dengan ringan pada sisi keyboard untuk mengetahui dan melihat kotoran yang ada dalam keyboard. Gunakan bantuan senter untuk melihat berapa banyak kotoran yang ada, khususnya pada bagian antara tombol.

Bila kotoran yang keluar dari keyboard tersebut banyak, maka inilah saatnya kamu untuk membersihkan keyboard tersebut hingga ke bagian dalam dan dengan detail. Yang pasti jangan sampai keyboard kamu kotor hanya karena malas mengeceknya secara rutin. Sekecil apapun kotoran tentu dapat mengganggu kinerja dari keyboard gaming.

Sebagai tambahan, kamu juga harus menjaga agar keyboard tidak mudah kotor. Cara paling paling mudah adalah jangan makan sambil ngegame, hehe… Atau setidaknya pastikan jarimu bersih terlebih dahulu sebelum menekan keyboard. Atau kalau mau, tutup keyboard jika sedang tidak digunakan.

Baca juga: 8 Tips Main Game Anti Lelah

3. Lepas Tombol Keyboard

Kalau ingin keyboard bersih secara menyeluruh, akan lebih baik jika tombol dilepas terlebih dahulu, dengan begitu kamu bisa membersihkan keyboard dengan lebih maksimal. Untuk caranya kamu bisa Googling saja, yang pasti diperlukan alat seperti obeng pipih untuk melepas tombol keyboard. Alternatifnya menggunakan alat khusus (keycap puller).

Cara melepas tombol keyboard gaming pun harus pelan-pelan agar tidak rusak. Setelah lepas, sisihkan tombol keyboard tersebut di tempat lain, dan susun dengan urutan yang tepat agar nantinya kamu tidak bingung saat memasangnya lagi, karena lucu juga kan kalau tertukar, hehe…

4. Membersihkan Area Keyboard

Setelah tombol keyboard gaming lepas, selanjutnya kamu bisa mulai membersihkan area bagian dasar. Kamu bisa membersihkan debu-debu dan kotoran yang ada dengan menggunakan sikat kecil halus, kuas, vacuum cleaner, atau lainnya. Kalau peralatan tersebut tidak ada, kamu bisa meniupnya debu dan kotoran tersebut.

Kalau kamu membersihkan keyboard dengan menggunakan sikat, maka pegang dan sikat papan keyboard dalam keadaan terbalik agar seluruh kotoran tidak akan masuk ke dalam lubang tombol lagi. Untuk area yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan tusuk gigi atau cotton bud. Untuk cotton bud, kamu bisa menambahkan setetes alkohol agar debu dan kotoran lebih mudah menempel. Selain bersih, permukaan keyboard pun terlihat lebih mengkilat.

Untuk memastikan sudah bersih dari debu dan kotoran, balik keyboard dan ketuk-ketuk pelan di atas selembar kertas putih. Kalau kertas terlihat bersih, bisa dipastikan bagian dalam keyboard sudah bersih dari kotoran. Tapi kalau masih ada kotoran, mungkin ada bagian kotor yang terlewati. Kamu bisa ulangi lagi membersihkan keyboard agar memastikan benar-benar bersih. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian belakang keyboard.

5. Membersihkan Tombol Keyboard

Setelah bodi keyboard bersih, selanjutnya kita membersihkan tombol keyboard yang pada langkah sebelumnya sudah dilepas. Cara paling cepat dan pasti bersih adalah dengan mencuci masing-masing tombol. Kamu bisa merendamnya pada air sabun. Agar lebih bersih, sikat tombol menggunakan sikat gigi.

Kalau sudah dipastikan bersih, keringkan tiap tombol. Pastikan tiap tombol kering, karena nantinya akan bahaya juga kalau tombol masih basah dan keyboard gaming dihubungkan ke PC. Sama seperti langkah sebelumnya, sisihkan tombol keyboard dan susun dalam susunan yang sesuai seperti pada keyboard.

Oya, jika kamu malas untuk menyusun tiap tombol keyboard sebagai panduan, paling mudah adalah dengan mengambil foto terlebih dahulu layout tombol keyboard. Selanjutnya gunakan foto tersebut untuk panduan memasang.

6. Angin-anginkan

Setelah bodi keyboard gaming mechanical dan tombolnya bersih, untuk memastikan keduanya benar-benar kering, maka kamu bisa mengangin-anginkan. Kamu bisa mengangin-anginkan di luar ruangan di tempat yang teduh dan tidak panas. Tunggu hingga beberapa menit sampai keyboard dan tombol benar-benar kering.

7. Pasang Kembali Tombol Keyboard

Jika kedua bagian tersebut telah siap, sekarang tinggal memasangkan setiap tombol ke keyboard. Cara memasangnya termasuk mudah, pasang dan tekan tombol keyboard hingga terkunci ke dasar keyboard. Jika agak sulit, jangan dipaksa karena akan bisa rusak. Asal pemasangannya benar, pasti akan terpasang dengan mudah.

Hal yang Dihindari Saat Membersihkan Keyboard Gaming Mechanical

Saat membersihkan keyboard, ada beberapa “pantangan” yang harus dilakukan. Pastikan kamu mematuhinya agar keyboard tidak rusak. Berikut beberapa diantaranya:
1. Ketika meniup debu dan kotoran pada bodi keyboard, gunakan alat yang tekanannya rendah. Jangan sampai menggunakan kompresor angin yang tiupannya kencang. Hal tersebut dapat merusak komponen keyboard.
2. Jika kamu menggunakan cairan pembersih, pastikan keyboard sudah dilepas dari PC. Takutnya cairan yang tak sengaja tertetes ke komponen keyboard dapat menyebabkan konsleting.
3. Jika kamu menggunakan magic gel, pilih yang kualitasnya baik. Magic gel yang berkualitas rendah bagian-bagian kecilnya dapat terlepas, dan berpotensi untuk tertinggal dan menempel di switch keyboard.

Keyboard gaming mechanical merupakan hardware yang sangat penting untuk seorang gamer. Bahkan beberapa keyboard ada yang harganya lumayan mahal. Jadi sayang juga jika keyboard tersebut rusak hanya karena kotor bukan? Maka mau tidak mau kita harus rutin membersihkannya, terlebih keyboard adalah hardware yang pasti digunakan untuk ngegame.

Bayangkan saja jika kamu lagi asyik-asyiknya ngegame, lalu tombol keyboard macet gara-gara ada kotoran yang nyelip di bawahnya, pasti bakal nyebelin bukan. Dengan sedikit usaha untuk membersihkannya, hal tersebut pasti bisa dicegah. Semoga artikel 7 Tips Membersihkan Keyboard Gaming Mechanical ini dapat membantumu untuk membuat keyboard gaming tetap sehat.

, , ,

 
Chat via Whatsapp