6 Tips Memilih Mouse Gaming Terbaik dan Berkualitas

17 January 2018 - Kategori Blog


Sebuah mouse tidak hanya berfungsi sebagai media input saja, melainkan sebuah “senjata” khususnya ketika bermain game. Ketika Anda sudah menganggap bermain game sebuah aktifitas yang serius, maka memilih aksesoris dalam hal ini mouse haruslah juga serius. Oleh karena itu memilih mouse gaming terbaik, bagus dan berkualitas menjadi hal yang penting.

Maka dari itu banyak sekali mouse gaming yang ditawarkan dengan berbagai macam bentuk dan fitur, masing-masing dengan harga yang bervariasi mulai murah hingga mahal. Mouse gaming dengan harga 100 ribuan? Ada. Mouse gaming dengan harga jutaan? Juga ada. Tentunya hal tersebut berpengaruh dengan kualitas dan fiturnya.

Setiap gamer selalu ingin memiliki mouse gaming yang berkualitas, tetapi dengan harga yang murah atau terjangkau. Namun apakah mouse gaming yang mahal pasti terbaik? Tidak juga. Sebuah mouse gaming yang mahal biasanya dibekali dengan berbagai macam fitur. Jika fitur-fitur tersebut tidak Anda perlukan, maka Anda bisa memilih varian di bawahnya dengan harga yang lebih murah.

MOUSE BIASA VS MOUSE GAMING

Sebenarnya Anda tidak membutuhkan sebuah mouse gaming untuk bermain game di PC. Tetapi jika Anda sudah mulai menyadari bahwa mouse Anda responnya lambat, klik cepat sekali nyantol dan ujung-ujungnya cepat rusak, maka harus mulai berpikir untuk membeli sebuah mouse gaming.

Dengan harga yang lebih mahal, maka lebih banyak hal yang ditawarkan daripada mouse biasa. Mulai dari kualitas bodi, tingkat respon, hingga fitur, mouse gaming menawarkan lebih daripada mouse biasa. Mouse gaming pun tersedia dalam berbagai rentang harga, sehingga dapat disesuaikan dengan bujet.

Jadi jika Anda sudah mulai ingin bermain game dengan lebih nyaman, maka tak ada salahnya untuk membeli sebuah mouse gaming. Dengan membeli mouse gaming memang tidak akan langsung membuat Anda menjadi lebih Pro dalam bermain game, tetapi dapat memberikan Anda kenyamanan dan keuntungan dengan fitur-fiturnya.

Oke, keinginan membeli mouse gaming sudah ada dan bujet sudah tersedia, tetapi jangan terburu-buru juga untuk membelinya. Ingat, banyak sekali mouse gaming yang tersedia di pasaran, mulai dari yang termurah hingga yang termahal. Jangan sampai Anda salah pilih yang ujung-ujungnya justru menghabiskan dana lebih untuk mouse gaming yang fitur-fiturnya tidak Anda gunakan. Ikuti panduan dan tips dari kami untuk memilih sebuah mouse gaming:

1. Kenali Tipe Mouse Gaming

Jika Anda membeli sebuah konsol game, maka dibekali dengan kontroller yang cocok untuk dimainkan pada semua jenis game. Tetapi untuk bermain game di PC, hal ini berbeda. Video game dapat dibagi dalam beberapa genre spesifik, seperti RTS (Real Time Strategy), MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game), MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), FPS (First Person Shooter) dan lainnya.

Beberapa mouse gaming diproduksi untuk kenyamanan genre game tertentu, sehingga Anda bisa mengetahui terlebih dahulu dan menyesuaikan tipe mouse gaming apa yang diperlukan. Berikut adalah tipe mouse gaming.

– All-Purpose

Merupakan tipe mouse yang cukup bisa diandalkan untuk bermain game FPS hingga MMO. Secara fitur biasanya standar dan hanya terbatas pada penggantian tingkat DPI saja.

– FPS

Game FPS seperti Point Blank, Counter Strike dan Battlefield memerlukan gerakan mouse yang cepat dan juga lambat. Cepat dalam hal bergerak yang mengartikan tingkat DPI harus tinggi, tetapi juga perlu lambat ketika akan membidik musuh dengan lebih presisi, mengartikan tingkat DPI harus rendah.

Melakukan pergantian tingkat DPI ketika bermain tentu sangat merepotkan, untuk itulah mouse FPS biasanya dibekali dengan “sniper button”. Biasanya tombol tersebut terletak di sisi kiri bodi mouse yang mudah diraih ibu jari. Jadi ketika ingin mengatur tingkat DPI on-the-go, Anda cukup tekan dan tahan tombol tersebut dengan ibu jari.

– MOBA dan MMORPG

MOBA dan MMORPG memang genre game yang berbeda, namun untuk urusan mouse gaming keduanya berbagai tipe yang sama karena kebutuhannya juga tidak berbeda jauh. Rata-rata mouse gaming tipe ini memiliki bodi yang gemuk karena dibekali dengan jumlah tombol yang terbilang banyak.

Tombol-tombol tersebut dapat digunakan untuk shortcut yang berkaitan dengan game, katakanlah tiap tombol diaplikasikan untuk spell atau serangan yang berbeda. Dengan intensitas game yang berjalan cepat dan dinamis, mouse yang tepat dapat membedakan antara hidup dan mati karakter Anda.

– Ambidextrous

Beberapa gaming mouse memiliki desain khusus yang mengikuti kontur telapak tangan sehingga lebih nyaman ketika digenggam. Masalahnya mouse-mouse tersebut lebih cocok untuk gamer bertangan kanan. Jadi bisa dibilang gamer bertangan kiri atau kidal menjadi dianaktirikan.

Solusinya adalah mouse dengan tipe ambidextrous yang didesain nyaman untuk digunakan oleh tangan kiri maupun kanan. Hal utama yang terlihat adalah desainnya yang simetrikal. Biasanya terdapat tombol tambahan di kedua sisi kiri dan kanan. Penggunaan tiap tombol pun dapat diatur dengan software bawaan. Dengan begitu sebuah tombol tambahan fungsinya dapat dimatikan agar terpicu ketika suatu saat tidak sengaja tersenggol.

Setelah mengetahui genre game apa yang menjadi favorit, maka Anda dapat memilih tipe mouse gaming apa yang lebih cocok untuk dibeli.

2. Grip Style

Nyaman tidaknya ketika mouse di tangan tidak hanya tergantung dengan desain dari mouse, tetapi juga tergantung dari style grip yang Anda gunakan. Secara umum terdapat tiga grip style yang ada:

– Palm Grip

Bisa dibilang merupakan grip standar yang digunakan oleh sebagian besar gamer, dimana keseluruhan telapak tangan dan jari menempel di permukaan mouse.

– Tip Grip

Tiap ujung jari menempel pada permukaan mouse, dan telapak tangan sama sekali tidak menyentuh mouse. Ibu jari, jari manis dan kelingking menjadi poros utama untuk menggerakkan mouse.

– Claw Grip

Merupakan gabungan antara palm grip dan tip grim, dimana tiap ujung jari menyentuh permukaan mouse (tetapi lebih menekuk), tetapi telapak tangan masih menempel pada permukaan mouse.

Tentunya tiap gamer memiliki style grip yang berbeda, termasuk Anda sendiri. Untuk yang satu ini tidak dapat direkomendasikan mana yang terbaik untuk Anda. Yang pasti tiap tipe mouse gaming cocok untuk grip yang berbeda.

Mouse dengan bodi yang lebar secara umum cocok untuk palm grip, mengingat keseluruhan telapak tangan dan jari akan menempel di permukaan mouse setiap waktu. Kemudian untuk mouse dengan dimensi pendek dan punggung mouse-nya tidak lebar cocok untuk tip grip. Sedangkan claw grip cocoknya menggunakan mouse gaming yang bodinya kurus dan tombol klik kiri dan kanan yang panjang. Jadi, sesuaikan mouse pilihan dengan style grip Anda.

3. Sensor Laser vs Optical

Secara umum, mouse gaming dengan sensor optical harganya lebih murah dibandingkan laser. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama, mouse dengan sensor laser memiliki tingkat DPI lebih tinggi. Dengan begitu mouse dapat melacak titik lebih banyak per incinya, membuat tingkat sensitifitasnya lebih tinggi.

Akan tetapi dewasa ini mouse gaming dengan sensor optical juga sudah dapat mencapai tingkat DPI yang tinggi. Rata-rata, mouse optical memiliki tingkat DPI hingga 8.000 dpi, sedangkan mouse laser lebih tinggi lagi, hingga 16.000 dpi. Semakin tinggi tingkat DPI maka kursor mouse dapat bergerak lebih cepat. Tapi ingat semakin cepat kursor bergerak semakin susah juga dikontrol.

Maka dari itu pengaruhnya terdapat pada poin kedua, yakni pada resolusi monitor yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki monitor dengan resolusi 4K atau QHD, maka mouse gaming dengan tingkat DPI tinggi dapat menjadi keuntungan karena kursor dapat bergerak cepat. Bayangkan jika tingkat DPI mouse rendah (katakan 800 dpi) dan resolusi monitor tinggi (4K), maka kursor mouse akan bergerak sangat lambat.

Pengaruh ketiga, berkaitan dengan permukaan tempat dimana mouse akan dipergunakan. Untuk mouse optical, akan lebih bekerja maksimal ketika di atas mouse pad dan permukaan non-glossy (tidak licin). Sedangkan mouse laser dapat bekerja di permukaan apapun.

Lalu mana yang cocok? Semua kembali lagi ke kebutuhan Anda. Jika perlu gerakan kursor yang sangat cepat dan responsif, maka mouse laser dengan tingkat DPI yang tinggi bisa menjadi pilihan (bahkan ada yang sampai 16.000 dpi). Tapi tentunya harga juga mengikuti. Tapi jika Anda nyaman dengan gerakan kursor yang tidak terlalu cepat, maka membeli mouse gaming dengan tingkat DPI yang sangat tinggi tentunya percuma karena pengeluaran lebih hemat.

4. Kabel vs Wireless

Dulu (katakanlah tahun 2014-2015) sangat umum jika dikatakan bahwa mouse wireless tidak cocok untuk bermain game. Alasan utamanya adalah masalah latency atau ‘lag’. Secara umum, koneksi wireless lebih lambat dibandingkan dengan koneksi menggunakan kabel, dikarenakan medianya.

Mouse dengan koneksi kabel memiliki respon input 1 ms (milidetik), sedangkan untuk wireless adalah 5 ms. Perbedaan koneksi sepersekian detik itu bisa dirasakan oleh seorang gamer yang benar-benar mengenal permainannya. Dan jika sudah berbicara dalam hal perlombaan atau turnamen, maka sepersekian detik bisa menentukan kalah atau menang. Oleh karena itu mouse gaming dengan kabel lebih dipilih.

Tapi berkat teknologi wireless yang sudah berkembang di tahun 2017 ini, banyak mouse gaming yang sudah memiliki waktu respon sama seperti mouse berkabel. Bahkan salah satu tim gaming profesional yakni Cloud 9 menggunakan mouse gaming wireless untuk berkompetisi game Counter Strike: Global Offensive.

Kemudian untuk perbedaan secara fisik, mouse gaming wireless bobotnya lebih berat karena membawa baterai di dalam bodinya. Tapi keuntungannya tidak ada kabel yang bersliweran. Di lain pihak, mouse gaming kabel dipastikan memiliki tingkat latency rendah dan lebih ringan. Harganya pun relatif lebih rendah dibanding wireless.

Untuk rekomendasi mouse gaming, kembali lagi kepada kebutuhan. Mouse gaming wireless memang lebih berat, tetapi ada beberapa gamer yang senang akan itu karena lebih mantap ketika digenggam (bahkan terdapat fitur menambah/mengurangi beban di beberapa merk mouse gaming).

Asumsi tingkat latency sama, Anda dapat memilih wireless jika ingin merasa lebih praktis, tapi harus merogoh kocek lebih dalam. Jika dana terbatas, maka mouse gaming kabel tetap pilihan lebih baik karena Anda tidak akan pusing soal masalah latency dan pilihannya lebih beragam.

5. Fitur Mouse Gaming

Bisa dibilang fitur ini hanya berupa tambahan dan jika tidak ada pun sebenarnya tidak akan mempengaruhi performa permainan. Akan tetapi saat ini banyak sekali mouse gaming yang menawarkan berbagai fitur tambahan sehingga dapat memaksimalkan kenyamanan, dan di beberapa poin meningkatkan performa permainan. Berikut adalah beberapa fitur yang biasa terdapat di mouse gaming:

– Pengaturan Bobot

Sebagian gamer menyukai mouse gaming yang ringan, dan sebaliknya. Beberapa mouse gaming dibekali dengan fitur penyesuaian bobot, biasanya berupa cartridge kecil dengan variasi bobot mulai dari 1 hingga 5 gram yang dapat dilepas atau dipasang di dalam mouse. Jika mouse incaran Anda ternyata terlalu berat atau terlalu ringan, maka fitur pengaturan bobot ini sangat bermanfaat.

– Iluminasi

Untuk yang satu ini bisa dikatakan benar-benar hanya untuk keperluan kosmetik dan tidak akan mempengaruhi performa gaming Anda. Akan tetapi bisa berguna juga karena biasanya beberapa mouse gaming akan menampilkan iluminasi warna sesuai dengan profile atau tingkat DPI yang telah dipilih. Yang pasti iluminasi membuat tampilan mouse menjadi lebih keren.

– Software Bawaan

Saat ini rata-rata mouse gaming sudah dibekali dengan software bawaan. Di dalamnya terdapat berbagai macam pengaturan terkait dengan fungsi dari mouse. Misalnya mengatur fungsi macro, tombol tambahan, iluminasi dan sebagainya. Anda bisa saja tidak menginstal software bawaan ini, tetapi adanya software jelas memberikan keuntungan tersendiri.

6. Harga Mouse Gaming

Harga paling murah dari sebuah mouse gaming bisa sekitar 100 ribuan, dan yang mahal bisa lebih dari satu juta rupiah. Tentu harga berbanding dengan kualitas dan fitur. Merk nya pun juga bermacam-macam seperti Logitech, E-Blue, SteelSeries dan lainnya. Tiap merk memiliki berbagai macam tipe dengan rentang harga yang bervariasi.

Semakin banyak tipe mouse mengartikan semakin banyak pilihan bagi Anda. Sesuaikan dengan bujet terlebih dahulu, kemudian Anda bisa berlanjut ke spesifikasi dan fitur.

Mouse Gaming Garansi Resmi E-Blue Mazer Type-R

Rp 280.000

BELI MOUSE GAMING BERKUALITAS

Anda bisa mendapatkan berbagai mouse gaming berkualitas dan terbaik di TheLapak.com. Belanja online di TheLapak.com terasa nyaman karena Anda tidak perlu mengunjungi toko dan after sales-nya pun memuaskan. Selain itu TheLapak.com juga mendukung pengiriman ke berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bekasi, Jogja, Makassar, Malang, Medan, Bali, Yogyakarta, Palembang, Samarinda, Tangerang dan berbagai kota besar di Indonesia lainnya.

MOUSE GAMING MURAH

Harga mouse gaming yang ditawarkan di TheLapak.com bervariasi dan tersedia dari harga yang murah namun tetap berkualitas, awet dan bersaing.

Semoga dengan artikel 6 Panduan Memilih Mouse Gaming Terbaik dan Berkualitas ini Anda bisa mendapatkan referensi bagaimana memilih mouse gaming yang tepat.

, , , , , ,